Strategi Dakwah Kolaborasi Pemuda Indonesia (KOPI) melalui Gerakan Subuh Keliling (Suling) dalam Menumbuhkan Kesadaran Generasi Muda Melaksanakan Shalat Subuh Berjamaah di Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu

Tobing, Rahmad Syahputra (2022) Strategi Dakwah Kolaborasi Pemuda Indonesia (KOPI) melalui Gerakan Subuh Keliling (Suling) dalam Menumbuhkan Kesadaran Generasi Muda Melaksanakan Shalat Subuh Berjamaah di Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Skripsi beserta Lembar Pengesahan Skripsi Rahmad Syahputra Tobing-KPI-1.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB I Tobing.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB II Tobing.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB III Tobing.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV Tobing.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
BAB V Tobing.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran Tobing.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran generasi muda dalam melaksanakan shalat Subuh berjamaah di Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu dan untuk mengetahui strategi dakwah yang dilakukan oleh Kolaborasi Pemuda Indonesia (KOPI) untuk menumbuhkan kesadaran generasi muda dalam melaksanakan shalat subuh berjama`ah melalui gerakan Subuh Keliling (Suling) di Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan bentuk penelitian yang dipergunakan adalah deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan serta triangulasi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kesadaran generasi muda dalam melaksanakan shalat Subuh berjamaah di Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu masih rendah dikarenakan pada umumnya jamaah shalat Subuh yang melaksanakan shalat Subuh di mesjid memiliki usia lanjut di mana usianya sekitaran 50 tahun ke atas dan apabila ada jamaah yang memiliki usia yang lebih muda jumlahnya pun hanya sedikit sekitar 5-10 jamaah saja pada setiap mesjid yang ada di Kecamatan Rantau Selatan strategi dakwah yang digunakan oleh Kolaborasi Pemuda Indonesia (KOPI) dalam melaksanakan gerakan subuh keliling untuk menyadarkan generasi muda dalam melaksanakan shalat subuh berjamaah di mesjid adalah strategi sentimental (al-manhaj al-‘athifi) dalam mensyiarkan Islam melalui gerakan subuh keliling dilakukan dengan menggunakan metode dakwah mauizatul hasanah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:55
Last Modified: 03 Nov 2022 03:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16171

Actions (login required)

View Item View Item