Perilaku Pemilih Dalam Pilkada Walikota Medan 2020 (Studi Kasus: Etnis Minang Di Kelurahan Kota Matsum II Kecamatan Medan Area)

Astari, Sri Rahma (2021) Perilaku Pemilih Dalam Pilkada Walikota Medan 2020 (Studi Kasus: Etnis Minang Di Kelurahan Kota Matsum II Kecamatan Medan Area). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. COVER (1).pdf

Download (738kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (774kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (833kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku pemilih etnis Minang pada Pilkada Walikota Medan 2020 yang lalu beserta dengan faktor atau aspek yang menyebabkan masyarakat Minang di kelurahan Kota Matsum II dalam menentukan pilihannya. Etnis Minang merupakan etnis mayoritas di kelurahan ini. Pada penyelenggaraan Pilkada Walikota Medan 2020 yang lalu, berdasarkan hasil rekapitulasi suara di kelurahan Kota Matsum II ini, suara terbanyak diperoleh pasangan Akhyar Nasution-Salman Al-Farisi, jika dipersentasekan sebanyak 80.2%. Penelitian ini merupakan penelitian yang tergolong ke dalam penelitian kualitatif deskriptif, yang bersumber dari data primer berupa wawancara dengan beberapa orang informan dan selanjutnya dengan kuesioner yang disebar ke masyarakat. Serta menggunakan data sekunder yang berasal dari buku, jurnal, website, dan dokumen-dokumen pendukung lainnya. Berdasarkan hasil daripada penelitian ini dengan wawancara dengan lurah dan tokoh Minang, serta dengan kuesioner terhadap 30 responden, maka didapatkan masyarakat Minang pada kelurahan Kota Matsum II ini antusiasmenya saat Pilkada Walikota Medan 2020 yang lalu, sebanyak 63,3% atau 19 orang menjawab biasa saja. Keikutsertaan masyarakat dalam memilih yaitu 80% atau 24 orang. Tanggapan responden terhadap hasil Pilkada, sebesar 60% atau 18 orang merasa kecewa. Pilihan responden mayoritas memilih pasangan 01 yaitu sebanyak 60% atau 18 dari 24 responden yang ikut memilih. Masyarakat Minang di kelurahan ini dalam hal mempertahankan kebudayaan semakin lama semakin memudar. Dalam faktor yang mempengaruhi etnis Minang dalam menentukan pilihannya dibagi menjadi tiga, yang digolongkan berdasarkan teori pendekatan perilaku pemilih. Hasilnya mayoritas responden memilih berdasarkan pada pendekatan sosiologis yaitu memilih berdasarkan faktor usia dan keagaman kandidat. Sedangkan berdasarkan pendekatan rasional memilih berdasarkan pengalaman.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science > 321 Systems of governments and states
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Pemikiran Politik Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Nov 2022 09:13
Last Modified: 02 Nov 2022 09:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16161

Actions (login required)

View Item View Item