Analisis Pengaruh Game Online terhadap Kegiatan Sosial dan Minat Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah

Pratiwi, Ayu and Yusnaldi, Eka (2022) Analisis Pengaruh Game Online terhadap Kegiatan Sosial dan Minat Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu : Jurnal of Elementary Education, 6 (3). pp. 4524-4530. ISSN P-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147

[img] Text
Artikel Jurnal_Ayupratiwi.pdf

Download (288kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dampak atau pengaruh dari game online (2) mendeskripsikan solusi untuk menghadapi siswa yang kecanduan game online (3) mengetahui mengapa anak-anak lebih memilih game online dari pada belajar. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh anak kelas VI yang berjumlah 17 orang yang terdiri dari 9 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian dilakukan di sekolah MIS Hidayatullah Desa Sena, Kecamatan Batang kuis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akibat bermain game mengganggu perkembangan kepribadian anak, seperti perilaku memberontak, cekcok/bertengkar, perilaku egois, dan berkurangnya empati terhadap orang lain. Karena anak-anak akan lebih fokus pada game ketika bermain game dan mengabaikan lingkungan sekitar

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Dampak negatif, dampak positif, game online, minat belajar, sikap sosial
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Nov 2022 08:14
Last Modified: 01 Nov 2022 08:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16147

Actions (login required)

View Item View Item