Analisis Problematika Pengumpulan Dan Pendistribusian Zakat Profesi Oleh Baitul Mal Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Banda Aceh

Astari, Ummi (2022) Analisis Problematika Pengumpulan Dan Pendistribusian Zakat Profesi Oleh Baitul Mal Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
(COVER SKRIPSI).pdf

Download (706kB)
[img] Text
( BAB I Skripsi).pdf

Download (794kB)
[img] Text
(BAB II Skripsi).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
(BAB III Skripsi).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
(BAB IV Skripsi).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img] Text
(BAB V Skripsi).pdf

Download (344kB)
[img] Text
(DAFTAR PUSTAKA Skripsi).pdf

Download (963kB)

Abstract

Tulisan ini menampilkan permasahan atau problematika yang dihadapi Baitul Mal Kota Banda Aceh dalam mengumpulkan zakat ditengah maraknya pandemi Covid-19 yang melumpuhkan perekonomian masyarakat Indonesia dan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Banda Aceh. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengumpulan dan pendistribusian zakat profesi dan untuk mengetahui problematika Baitul Mal dalam proses pengumpulan dan pendistribusian zakat profesi di Kota Banda Aceh. Metode penelitian adalah kualitatif dengan hal ini berkaitan dengan kondisi dan masalah yang dikaji, yaitu mengenai pengumpulan dan pendistribusian Zakat di Kota Banda Aceh. Dengan mewawancarai tim pengumpul zakat dan tim pendistribusian zakat di kantor Baitul Mal Kota Banda Aceh Jl. Malem Dagang No.40 Keudah, Kec. Kuta Raja, Kota Banda Aceh. Berdasarkan tujuan penelitian ini, problematika yang dihadapai Baitul Mal Kota Banda Aceh dalam pengumpulan zakat profesi yaitu belum mampu membuat aplikasi yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat Kota Banda Aceh karena pada saat pandemi Covid-19 semua kegiatan dilakukan dengan sistim Online yang kedua sulit untuk melakukan sosialisasi mengenai pentingnya zakat dikarenakan pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19. Adapun pendistribusian zakat pada masa pandemi lebih difokuskan untuk masyarakat miskin yang ingin memiliki usaha tapi tidak memiliki modal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:04
Last Modified: 01 Nov 2022 04:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16132

Actions (login required)

View Item View Item