Peran Kelompok Tani Huta Godang Pada Pembudidayaan Ternak Sapi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Pulo Dogom Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhan batu Utara

Panjaitan, Widya Riskiana (2022) Peran Kelompok Tani Huta Godang Pada Pembudidayaan Ternak Sapi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Pulo Dogom Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhan batu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA, dll.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kelompok tani Huta Godang, dan untuk mengetahui proses pembudidayaan ternak sapi juga manfaat ekonomis yang didapatkan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa Pulo Dogom kecamatan Kualuh Hulu kabupaten Labuhanbatu Utara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik wawancara terstruktur, wawancara mendalam kepada ketua kelompok tani Huta Godang, sebagai pendukung penelitian yang dilakukan adalah menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa peran kelompok tani Huta Godang sangat penting dalam proses pembudidayaan ternak sapi, kelompok tani ini berperansebagai wahana kerjasama dan menjalin silaturahmi serta sebagai fasilitasi komunikasi dengan sumber informasi, sarana belajar dan berperan sebagai contoh kepada masyarakat dalam memberikan nilai positif kepada masyarakat sekitar. dan dalam proses pembudidayaan ternak sapi juga berjalan dengan baik dengan adanya jadwal-jadwal piket anggota sehingga sapi terawat dan terlihat sehat, gemuk dengan pertumbuhannya yang sangat cepat. Kelompok tani Huta Godang ini juga bermanfaat dan membantu ekonomi keluarga bagi anggota kelompok serta masyarakat sekitar sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Kelompok Tani, Pembudidayaan Ternak Sapi, Kesejahteraan Masyarakat.
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:58
Last Modified: 01 Nov 2022 03:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16131

Actions (login required)

View Item View Item