Manajemen kepala Madrasah dalam pembinaan kinerja guru di MTS. Negeri Meranti Kabupaten Asahan

Devita, Devi Maya (2016) Manajemen kepala Madrasah dalam pembinaan kinerja guru di MTS. Negeri Meranti Kabupaten Asahan. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
tes devi mpi pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan yang dilakukan kepala madrasah dalam pembinaan kinerja guru di MTs Negeri Meranti Kabupaten Asahan, untuk mengetahui bentuk pengorganisasian yang dilakukan oleh kepala madrasah MTs Negeri Meranti kabupaten Asahan dalam pembinaan kinerja guru, untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan kinerja guru yang dilakukan oleh kepala madrasah MTs Negeri Meranti kabupaten Asahan, untuk mengetahui pengawasan terhadap pembinaan kinerja guru yang dilakukan kepala madrasah MTs Negeri Meranti kabupaten Asahan. Pendekatan dan metode penelitian ini adalah kualitatif yaitu penelitian yang berfokus pada fenomena empirik secara alamiah dan dianalisis dengan menggunakan logika berpikir ilmiah. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data kemudian merumuskan kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan. Ada empat temuan dalam penelitian ini, yaitu: 1. Perencanaan kepala madrasah dalam pembinaan kinerja guru di MTs Negeri Meranti yakni menyediakan berbagai fasilitas dan sarana yang mendukung bagi guru dalam menjalankan tugasnya, pembinaan melalui pendidikan dan pelatihan, pembinaan melalui organisasi keguruan yaitu MGMP, pembinaan melalui supervisi kelas, pembinaan melalui rapat serta pembinaan tugas secara individual. 2. Pengorganisasian yang dilakukan oleh kepala Madrasah dalam pembinaan kinerja guru di MTs. Negeri Meranti Kabupaten Asahan dilaksanakan dengan memposisikan dan membagi tugas dan tanggung jawab guru dalam mengajar sesuai dengan bidang keahlian dan kualifikasi akademiknya dan menjalin hubungan kerja sama dengan seluruh stakeholder madrasah dan dan pihak lain dalam melaksanakan kegiatan pembinaan kinerja guru. 3. Pelaksanaan pembinaan kinerja guru yang dilakukan kepala madrasah MTs Negeri Meranti telah terealisasikan sesuai dengan rencana yang telah disusun yakni pembinaan melalui rapat dan pembinaan tugas, pendidikan dan pelatihan, memfasilitasi sarana dan prasarana yang menunjang proses belajar mengajar, melalui organisasi pendidikan, memberikan reward dan funishment serta melakukan supervisi dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran kinerja guru dan terus berupaya mengembangkan kemampuan dalam melaksanakan tugasnya dan kewajibannya. 4. Pengawasan terhadap kinerja guru yang dilakukan kepala madrasah MTs Negeri Meranti yakni dilakukan seiring dengan pelaksanaan suatu program dan bersifat preventif dengan tujuan membantu guru-guru untuk mempersiapkan diri bila menghadapi suatu masalah dan akan membantu guru dalam menjaga loyalitas dan meningkatkan profesionalisme melalui supervisi dan pemantauan rutin terhadap tugas dan tanggungjawab guru di madrasah.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 19 May 2017 08:05
Last Modified: 19 May 2017 08:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1613

Actions (login required)

View Item View Item