Implementasi pendidikan tauhid di SD IT Dar Fathimah Binjai Utara Sumatera Utara.

Holid, Syahrul (2016) Implementasi pendidikan tauhid di SD IT Dar Fathimah Binjai Utara Sumatera Utara. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis an. Syahrul Holid, NIM. 91214033216 - Copy.compressed.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tauhid merupakan inti dari ajaran Islam, oleh sebab itu wajib bagi setiap muslim yang beriman untuk mengetahui dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Implementasi pendidikan tauhid harus dimulai sejak dini, sebab dengan pemahaman tauhid yang benar serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari secara istiqâmah akan berpengaruh positif terhadap segala aktivitas kehidupan seorang muslim. Oleh sebab itu, Rasulullah Saw. senantiasa mengiringi dakwahnya dengan menanamkan ketauhidan terlebih dahulu. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa hal yang sangat urgen dalam mengimplementasikan pendidikan tauhid di suatu lembaga pendidikan. Pertama, kompetensi guru dalam mengimplementasikan pendidikan tauhid di SD IT Dar Fathimah Binjai Utara Sumatera Utara. Kedua, perilaku keteladanan guru dalam mengimplementasikan pendidikan tauhid di SD IT Dar Fathimah Binjai Utara Sumatera Utara. Ketiga, Model pembelajaran PAI dalam mengimplementasikan pendidikan tauhid di SD IT Dar Fathimah Binjai Utara Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Kemudian dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif dengan langkah-langkah penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menginformasikan beberapa hal. Pertama, kompetensi guru dalam mengimplementasikan pendidikan tauhid di SD IT Dar Fathimah Binjai Utara Sumatera Utara dilihat melalui empat kompetensi dasar yang telah dimiliki oleh guru meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Kedua, prilaku keteladanan guru dalam mengimplementasikan pendidikan tauhid di SD IT Dar Fathimah Binjai Utara Sumatera Utara dilihat melalui prilaku keteladanan yang tercermin dari sikap, sifat dan kepribadiannya yang islami, serta terlihat dari bentuk pengamalan terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran dan Hadits. Ketiga, model pembelajaran PAI dalam mengimplementasikan pendidikan tauhid di SD IT Dar Fathimah Binjai Utara Sumatera Utara terlihat dari penerapan model pembelajaran yang sangat menarik perhatian siswa, memotivasi dan membangkitkan antusias siswa, yaitu melalui penerapan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif,dan menyenangkan sebagaimana biasa disingkat dengan istilah “PAIKEM”. Model pembelajaran dengan sistem ini ditampilkan oleh guru PAI dengan beragam metode dan teknik pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 19 May 2017 07:56
Last Modified: 19 May 2017 07:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1612

Actions (login required)

View Item View Item