Pengaruh Earning Per Share dan Price Earning Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Otomotif dan Transportasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020

Barus, Khairani Br (2022) Pengaruh Earning Per Share dan Price Earning Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Otomotif dan Transportasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Coverr.pdf

Download (889kB)
[img] Text
BAB 1(1).pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB 2(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img] Text
BAB 5(1).pdf

Download (27kB)
[img] Text
Dapus dan Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nilai perusahaan merupakan indikator utama yang digunakan oleh seorang investor dalam menilai kinerja perusahaan secara menyeluruh. Berbicara mengenai nilai perusahaan, maka tidak terlepas dari harga saham. Harga saham terbentuk di pasar modal dan ditentukan dengan beberapa faktor seperti laba per lembar saham atau earning per share dan rasio laba terhadap harga per lembar saham atau yang dikenal dengan sebutan price earning ratio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh earning per share dan price earning ratio terhadap nilai perusahaan pada perusahaan otomotif dan transportasi yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2016-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan yang diakses pada website www.idx.co.id. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial earning per share berpengaruh sebesar 2,041 dengan tingkat signifikan yang diperoleh sebesar 0,043 terhadap nilai perusahaan dan price earning ratio berpengaruh sebesar 6,685 dengan tingkat signifikan yang diperoleh sebesar 0,000 terhadap nilai perusahaan. Sedangkan hasil koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan earning per share dan price earning ratio berpengaruh sebesar 0,181 terhadap nilai perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 18,1% nilai perusahaan dipengaruhi oleh earning per share dan price earning ratio. Sedangkan sisanya sebesar 81,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, Earning Per Share, Price Earning Ratio
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Oct 2022 04:37
Last Modified: 21 Oct 2022 04:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16091

Actions (login required)

View Item View Item