Kepemimpinan Kepala Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus Kepala Mis Nurul Falaq Islamic Full Day School Sistem Desa Bandar Labuhan Bawah Tanjung Morawa )

J u l i a n t o, J u l i a n t o (2017) Kepemimpinan Kepala Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus Kepala Mis Nurul Falaq Islamic Full Day School Sistem Desa Bandar Labuhan Bawah Tanjung Morawa ). Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS JULIANTO NIM. 92212031299.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam melakukan inovasi di MIS Nurul Falaq Islamic Full Day School Sistem yang barlangsung dalam waktu yang relatif singkat, sehingga terjadi perkembangan yang pesat terhadap madrasah tersebut. Perubahan pesat yang terjadi di MIS Nurul Falaq Islamic Full Day School Sistem tentunya tak lepas dari figur kepemimpinan kepala madrasah, hal itu dikarenakan keberhasilan sebuah lembaga pendidikan berada di tangan seorang pemimpin. Oleh karena itu dalam penelitian ini memilih judul “ Kepemimpinan Kepala Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus Kepala MIS Nurul Falaq Islamic Full Day School Sistem Desa Bandar Labuhan Bawah Tanjung Morawa ) ”. Fokus penelitian ini bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam melakukan kepemimpinan pendidikan di MIS Nurul Falaq Islamic Full Day School Sistem , berdasarkan fokus tersebut maka terdapat rumusan masalah sebagai berikut: 1.Bagaimana perilaku komunikasi interpersonal kepala Madrasah di MIS Nurul Falaq Islamic Full Day School Sistem Desa Bandar Labuhan Bawah Tanjung Morawa.2.Bagaimana perilaku pengambilan keputusan KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Kasus Kepala MIS Nurul Falaq Islamic Full Day School Sistem Desa Bandar Labuhan Bawah Tanjung Morawa ) JULIANTO 21 kepala Madrasah MIS Nurul Falaq Islamic Full Day School Sistem Desa Bandar Labuhan Bawah Tanjung Morawa..? 3.Bagaimana perilaku keteladanan kepala Madrasah MIS Nurul Falaq Islamic Full Day School Sistem Desa Bandar Labuhan Bawah Tanjung Morawa… ?4.Bagaimana perilaku pemberian reward dan punishment yang dilakukan kepada madrasah di MIS Nurul Falaq Islamic Full Day School Sistem Desa Bandar Labuhan Bawah Tanjung Morawa..? Berdasarkan dari fokus penelitian di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui perilaku komunikasi interpersonal kepala Madrasah MIS Nurul Falaq Islamic Full Day School Sistem Desa Bandar Labuhan Bawah Tanjung Morawa.2.Untuk mengetahui perilaku pengambilan keputusan kepala Madrasah MIS Nurul Falaq Islamic Full Day School Sistem Desa Bandar Labuhan Bawah Tanjung Morawa.3. Untuk mengetahui perilaku keteladanan kepala Madrasah MIS Nurul Falaq Islamic Full Day School Sistem Desa Bandar Labuhan Bawah Tanjung Morawa.4.Untuk mengetahui perilaku pemberian reward dan punishment yang dilakukan kepala Madrasah MIS Nurul Falaq Islamic Full Day School Sistem Desa Bandar Labuhan Bawah Tanjung Morawa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling kemudian berlanjut snowball sampling. Sementara teknik pemeriksaan keabsahan datanya dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.Dengan gaya transfor- masional kepala madrasah dapat melakukan kepemimpinan pendidikan di MIS Nurul Falaq Islamic Full Day School Sistem melalui fungsi manajemen dan pendekatan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM). 2. adanya komitmen bawahan atas dasar motivasi spiritual; dan (3) kendala pelibatan masyarakat dapat diselesaikan melalui pendekatan komunikasi persuasif dan kendala dana dapat diatasi dengan mengedepankan nilai-nilai efisiensi, efektivitas dan optimalisasi sumberdaya. Sehingga dalam penelitian ini dapat dihasilkan sebuah tesis yaitu : Kepemimpinan Kepala Madrasah Ibtidaiyah. (Studi Kasus Kepala MIS Nurul Falaq Islamic Full Day School Sistem Desa Bandar

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 19 May 2017 07:11
Last Modified: 19 May 2017 07:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1609

Actions (login required)

View Item View Item