Nilai-Nilai Kesehatan Dalam Hadis

Siregar, Muhammad Nuh (2021) Nilai-Nilai Kesehatan Dalam Hadis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
nilai-nilai kesehatan dalam Hadis (Disertasi An. Muhammad nuh Siregar).pdf

Download (6MB)

Abstract

Kajian tentang Hadis kebanyakan hanya diteliti dari sisi ibadah (Fikih), budaya, dan sejarah saja, sementara dari sisi sains (ilmu pengetahuan) masih minim ditemukan. Isyarat�isyarat ilmiah dari Alquran dan Hadis yang sungguh mengagumkan tersebut, baru bisa dipahami setelah adanya temuan-temuan ilmiah dari para ahli. Disertasi ini bertujuan untuk memahami nilai-nilai yang tersembunyi di dalam Hadis Rasul yang khususnya berkaitan dengan nilai-nilai kesehatan dengan bantuan temuan�temuan ilmiah (sains) modern. Masalah yang diteliti dalam disertasi ini adalah bagaimana nilai-nilai kesehatan di dalam pola makan dan minum, pola tidur, serta pola ibadah dalam Hadis Rasul. Disertasi ini menggunakan penelitian library research dengan rujukan utamanya adalah kitab-kitab Hadis yang tergabung dalam kutub al-Tis’ah (kitab-kitab Hadis yang sembilan). Adapun rujukan sekundernya adalah berbagai interpretasi ulama dari kitab-kitab syarah Hadis dan buku-buku yang berkaitan dengan kesehatan. Tekhnik pengumpulan data digunakan takhrij al-hadis dengan metode maudhu’i (tematik). Penelitian dalam disertasi ini diuraikan dengan cara menuliskan Hadis-hadis yang terkait dengan topik bahasan lengkap sanad dan matannya yang dirujuk dari kitab sumber Hadisnya. Langkah selanjutnya diuraikan penjelasan para ulama terhadap Hadis tersebut yang dikutip dari berbagai kitab syarah Hadis dan lainnya, lalu dianalisis dengan pendekatan ilmiah (sains). Penelitian dalam disertasi ini menemukan bahwa dalam pola makan dan minum Rasul terdapat nilai-nilai kebersihan sebagai prinsip dasar bagi kesehatan fisik dan psikis. Di samping itu juga ditemukan bahwa efek penyakit yang bisa ditimbulkan sebagai akibat dari mengonsumsi makanan dan minuman tersebut bisa dihilangkan. Pola makan dan minum dengan cara Rasul sebagai upaya preventif terhadap penyakit liver, lambung, jantung, stroke, ginjal dan lain sebagainya. Adapun dalam pola tidur Rasul ditemukan nilai-nilai kesehatan untuk menjaga lambung, paru-paru, jantung, otak, serta meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh dari berbagai bakteri dan virus. Sementara itu, dalam pola ibadah Rasul ditemukan nilai-nilai kesehatan fisik dan psikis, seperti menghilangkan berbagai kuman, bakteri dan virus dari tubuh. Di samping itu dengan menerapkan pola ibadah seperti Rasul juga akan melancarkan peredaran darah, meregenarasi sel-sel tubuh, meningkatkan hormon endorphin, serta menjadikan denyut jantung normal dan meningkatkan imunitas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai, Kesehatan, Hadis, Syarah Hadis, Pola Makan dan Minum Rasul, Pola Tidur Rasul, Pola Ibadah Rasul
Subjects: 2X2 HADIS DAN ILMU TERKAIT > 2X2.1 Ilmu Hadist
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Hadis > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Oct 2022 07:00
Last Modified: 19 Oct 2022 07:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16066

Actions (login required)

View Item View Item