Analisis Pelaksanaan Otonomi Daerah Dalam Perspektif Ekonomi Syariah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Masyarakat Di Kabupaten Serdang Bedagai

Siregar, Nurmayana (2022) Analisis Pelaksanaan Otonomi Daerah Dalam Perspektif Ekonomi Syariah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Masyarakat Di Kabupaten Serdang Bedagai. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1. TERBUKA - COVER - DAFTAR ISI - ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.Terbuka - Disertasiku.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Otonomi Daerah adalah Pemberian wewenang kepada daerah untuk mengurus sendiri daerahnya, demi tercapai kesejahteraan masyarakatnya, dengan Indikator : meningkatnya Tingkat Kesehatan, Pendapatan dan Mutu Pendidikan masyarakatnya, sesuai dengan Teori Indeks Pembangunan Manusia. Dengan potensi Wilayah yang dimiliki Kabupaten Serdang Bedagai, baik Sumber Daya Manusia maupun Sumber Daya Alamnya, seharusnya masyarakatnya lebih sejahtera di Era Otonomi Daerah dan Otonomi Pendidikan. Namun pada kenyataannya, tidak demikian yang terjadi di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa Pokok Masalah : 1.Apa menjadi Faktor Internal dan Ekternal Penyebab Tingginya Angka Anak Putus Sekolah Dalam Perspektif Ekonomi Syariah di Kabupaten Serdang Bedagai. 2. Bagaimana Strategi yang Tepat dalam Mengatasi Tingginya Angka Anak Putus Sekolah Dalam Perspektif Ekonomi Syariah di Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT sebagai Pisau Analisis Data Penelitian, dengan 167 Orang Responden. Temuan Penelitian adalah : 1. Faktor Internal : a).Ketidak Aktifan Orang Tua dalam mengatasi masalah pendidikan Anaknya. b).Masih Rendahnya Kemampuan Sekolah melakukan Subsidi Silang untuk murid yang tidak mampu. c).Belum Adanya Kelengkapan Sarana Belajar Utama. d).Belum Tersedianya Lokasi sekolah yang nyaman. e).Kurangnya Kompetensi Guru. Faktor Eksternal : a).Belum mampunya Sekolah untuk Memanfaatkan dukungan masyarakat melalui Gerakan Orang Tua Asuh serta Political Will Pemerintah dengan Pemberian Bea Siswa Atau Sekolah Gratis. b).Ketidak mampuan Sekolah Mencari Pembiayaan Alternative (Sponsor). c).Rendahnya kemampuan Memperbaiki kualitas dan pengawasan rutin bagi komponen personalia sekolah, guna Mencegah Pandangan Buruk Masyarakat Terhadap Dunia Pendidikan d).Belum mampunya Dinas Pendidikan dalam Rekrutmen, seleksi dan Penempatan, Para Pejabat Struktural dan Tenaga Pendidik. e).Tidak Effektif & Effesien Pelaksanaan Strategi Pendidikan sebagai Dampak Negatif Otonomi Daerah & Otonomi Pendidikan. 2. Strategi Mengatasi Tingginya Angka Anak Putus Sekolah Dalam Perspektif Ekonomi Syariah, digunakan Analisis SWOT, Diperoleh Strategi : Kuadran I (Melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal) Yakni : Menerapkan Sistem Mangement : The Right Man On The Place, Melaksanakan Mangemen Keuangan Yang Transparan dan Akuntabel serta Optimalisasi Penggunaan Dana ZISWAF.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Otonomi Daerah, Otonomi Pendidilkan dan Analisis SWOT
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:49
Last Modified: 17 Oct 2022 02:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16025

Actions (login required)

View Item View Item