Pola Komunikasi Interpersonal Anak Perantauan Dan Orangtua Dalam Menjaga Silaturahmi (Studi Kasus Mahasiswa FIS Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)

Amri, Khairul (2021) Pola Komunikasi Interpersonal Anak Perantauan Dan Orangtua Dalam Menjaga Silaturahmi (Studi Kasus Mahasiswa FIS Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Skripsi Khairul Amri.pdf

Download (863kB)
[img] Text
BAB I Skripsi Khairul Amri.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II Skripsi Khairul Amri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
BAB III Skripsi Khairul Amri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi Khairul Amri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
BAB V Skripsi Khairul Amri.pdf

Download (352kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi Khairul Amri.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pola Komunikasi Interpersonal Anak Perantauan dan Orangtua Dalam Menjaga Silaturahmi (Studi Kasus Mahasiswa FIS UIN Sumatera Utara)” dengan tujuan agar diketahui bagaimana pola komunikasi interpersonal anak perantauan dan orangtua mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dalam menjaga silaturahmi. Komunikasi yang dilakukan anak perantauan dan orangtua mahasiswa FIS UIN Sumatera Utara mengalami hubungan jarak jauh dengan adanya perbedaan, komunikasi anak perantauan dan orangtua memakai media sebagai penyatu komunikasi mereka disaat berjauhan tempat tinggal. Kemudian metode penelitian yang dipakai untuk penelitian ini adalah penelitian berjenis lapangan. Sifat dari penelitian ini adalah deskriptif kualittaif dengan tujuan supaya dilakukan analisa masalah berdasarkan pola komunikasi interpersonal anak perantauan dan orangtua dalam menjaga silaturahmi di FIS UIN sumatera utara. Untuk teknik mengumpulkan data dalam penelitian ini yang diapkai oleh penulis ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh jika Pola komunikasi yang diapakai oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dan orangtuanya adalah Pola Komunikasi Media, Pola Komunikasi Konsesual, Pola Komunikasi Laissez Faire. Terbukti dari wawancara terhadap 12 orang dalam penelitian ini menggunakan Pola. Komunikasi Media karena menjalin hubungan jarak jauh sehingga mereka menggunakan media untuk menjalin komunikasi, diantara 12 orang informan dalam penelitian ini ada 8 orang menggunakan Pola Komunikasi Konsensual yaitu menjadikan jalinan yang harmonis dan memiliki keterbukaan dengan sesama individu dalam berkomunikasi karena sering terjadinya komunikasi antara anak perantauan maupun orangtua hampir setiap hari. Adapun diantara 12 orang informan dalam penelitian ini menggunakan Pola Komunikasi Laissez Faire ada 4 orang yang dimana mereka jarang melakukan percakapan sehingga menimbulkan komunikasi yang salah. Sehingga menjadikan hubungan anak perantauan dan orangtua kurang harmonis dalam silaturahmi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi Interpersonal, Anak Perantauan Dan Orangtua, Silaturahmi
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Oct 2022 15:16
Last Modified: 14 Oct 2022 15:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16020

Actions (login required)

View Item View Item