Analisis Implementasi Maqashid Syariah dalam Mekanisme Asuransi Syariah (Studi Kasus PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Setia Budi Medan

Rindiani, Rindiani (2022) Analisis Implementasi Maqashid Syariah dalam Mekanisme Asuransi Syariah (Studi Kasus PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Setia Budi Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover_2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Maqashid syariah menganut prinsip-prinsip syariah untuk mencapai kemaslahatan umat dengan berpartisipasi dalam banyak kegiatan manusia yang berkaitan dengan menjaga agama, jiwa, pikiran, harta benda dan generasi mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi maqashid syariah yang terdapat dalam mekanisme asuransi syariah pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Setia Budi Medan, menunggunakan parameter maqashid syariah yang diturunkan dari maqashid Al-Syatibi. Metode penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek perlindungan syariah yang terdapat dalam takaful keluarga diantaranya indikator perlindungan terhadap agama (hifdzu ad-din) diimplementasikan dalam produk takafulink salam ziarah baitullah sebagai upaya perlindungan agama dalam menjalankan rukun Islam kelima yaitu haji. Indikator perlindungan terhadap jiwa (hifdzu an-nafs) diimplementasikan dalam semua produk takaful keluarga sebagai upaya pencegahan terhadap terancamnya jiwa dan mengkover biaya kesehatan. Indikator perlindungan terhadap akal (hifdzu al-'aql) diimplementasikan dalam produk takaful dana pendidikan dan takafulink salam cendekia sebagai penyandang dana pendidikan. Indikator perlindungan terhadap keturunan (hifdzu an-nasl) diimplementasikan dalam semua produk takaful keluarga sebagai adanya perlindungan ahli waris dan keluarga yang ditinggalkan ketika peserta mengalami risiko ataupun meninggal dunia. Indikator perlindungan terhadap harta (hifdzu al-maal) diimplementasikan dalam produk asuransi takaful umum sebagai penanggulangan risiko atas kehilangan manfaat atau kerugian pada harta benda. Berdasarkan indikator tersebut dapat disimpulkan bahwa maqashid syariah telah diimplementasikan dalam mekanisme PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Setia Budi Medan didukung oleh terwujudnya kemaslahatan pada aspek-aspek perlindungan syariah dalam produk dan mekanismenya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Oct 2022 14:30
Last Modified: 14 Oct 2022 14:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16015

Actions (login required)

View Item View Item