Pengaruh strategi pembelajaran konstruktivis dan minat belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Ulumuddin Uteunkot Cunda Lhokseumawe

Andhika, M. Rezki (2014) Pengaruh strategi pembelajaran konstruktivis dan minat belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Ulumuddin Uteunkot Cunda Lhokseumawe. Diploma thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
tesis3.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil pengujian: (1) perbedaan pengaruh antara strategi pembelajaran konstruktivisme dan konvensional (ekspositori) terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa, (2) perbedaan pengaruh minat belajar tinggi dan minat belajar rendah terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa, (3) interaksi antara strategi pembelajaran konstruktivis dan minat belajar terhadap hasil belajar Bahasa Arab. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif eksperimen desain pre-post test control group dengan menerapkan desain faktorial 2x2 dalam rancangan eksperimennya. Hipotesis penelitian diuji dengan uji statistika ANAVA. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII pada semester II tahun akademik 2013/2014 Madrasah Tsanawiyah Ulumuddin Uteunkot Cunda Lhokseumawe yang terdiri sembilan kelas yang berjumlah 338 orang siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Ramdom Sampling, dengan mengambil dua kelas secara acak yang memiliki karakteristik yang sama. Satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan strategi konstruktivis memperoleh skor rata-rata hasil belajar sebesar 80,16, dan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional memperoleh skor rata-rata hasil belajar 78,44. Sedangkan siswa yang memiliki minat belajar tinggi memperoleh skor rata-rata hasil belajar sebesar 79,68, dan siswa yang memiliki minat belajar rendah memperoleh skor rata-rata hasil belajar sebesar 78,91. Hasil hipoteisis menunjukkan (1) ada perbedaan pengaruh antara strategi pembelajaran konstruktivisme dan konvensional (ekspositori) terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa (F=10,099; p=0,000), (2) ada perbedaan pengaruh minat belajar tinggi dan minat belajar rendah terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa (F=7.595; p=0,008), (3) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa (F=0,124; p=0,726).

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 17 May 2017 08:43
Last Modified: 17 May 2017 08:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1600

Actions (login required)

View Item View Item