Framing Berita Media Online dalam Kasus Penembakan Enam Anggota Laskar FPI (Analisis Framing dalam Tempo.co dan Detik.com)

Ratu, Irma Sri (2021) Framing Berita Media Online dalam Kasus Penembakan Enam Anggota Laskar FPI (Analisis Framing dalam Tempo.co dan Detik.com). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER-DAFTAR TABEL SKRIPSI IRMA SRI RATU.pdf

Download (924kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI IRMA SRI RATU.pdf

Download (651kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI IRMA SRI RATU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI IRMA SRI RATU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI IRMA SRI RATU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI IRMA SRI RATU.pdf

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN SKRIPSI IRMA SRI RATU.pdf

Download (798kB)

Abstract

Media online sebagai salah satu bentuk komunikasi massa dalam menyajikan sebuah berita memiliki gaya dan sudut pandangnya masing-masing saat membingkai suatu peristiwa. Judul penelitian ini adalah “Framing Media Online Dalam Kasus Penembakan Enam Anggota Laskar FPI (Analisis Framing dalam Tempo.co dan Detik.com)”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana media online Tempo.co dan Detik.com membingkai berita terkait kasus penembakan enam anggota laskar FPI. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi sosial media massa, komunikasi massa, media online, berita dan analisis framing. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualititatif dan pendekatan paradigma konstruktivisme dengan objek analisisnya adalah empat teks berita edisi maret dan april 2021 dari Tempo.co dan Detik.com. Pengumpulan data diperoleh dari studi dokumentasi dan studi kepustakaan dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa framing yang dilakukan Tempo.co dan Detik.com berbeda. Tempo.co dalam pembingkaiannya atas kasus penembakan enam laskar FPI menyajikan berita yang tidak menguntungkan pihak kepolisian serta Tempo.co membingkai pengusutan kasus tersebut berjalan lambat, sedangkan Detik.com dari pembingkaiannya menyajikan berita yang menempatkan kepolisian sebagai pihak yang penting untuk selalu dilibatkan dalam pengusutan kasus tersebut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis framing, Tempo.co, Detik.com, Penembakan laskar FPI
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Oct 2022 07:25
Last Modified: 14 Oct 2022 07:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15988

Actions (login required)

View Item View Item