Afidah, Aini Zuhrotul (2022) Metode Bimbingan Agama Komunitas Sahabat Hijrahkuu Dalam Memotivasi Kesadaran Beragama Remaja Muslim Milenial Di Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
COVER.pdf Download (964kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (661kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (903kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (417kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode bimbingan agama komunitas Sahabat Hijrahkuu dalam memotivasi kesadaran beragama remaja muslim milenial di kota Medan, untuk mengetahui perubahan kesadaran beragama remaja muslim milenial setelah mengikuti bimbingan agama komunitas Sahabat Hijrahkuu di kota Medan, dan untuk mengetahui asumsi masyarakat terkait bimbingan agama Komunitas Sahabat Hijrahkuu dalam memotivasi kesadaran beragama remaja muslim milenial di kota Medan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitataif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang didapat dari penelitian meliputi: (1) metode diskusi yang dilakukan secara berkelompok bersamaan dengan kajian rutin dan diskusi yang dilakukan personal, metode penyadaran dengan muhasabah dan dzikir, metode kisah yang menceritakan sirah Nabawiyah agar dapat dijadikan teladan bagi remaja, metode ceramah dengan materi tauhid dan fiqih, asmaul husna serta materi yang sedang viral pada saat itu, serta metode aksi sosial yang merupakan kegiatan yang dilakukan dengan segala program sosial yang positif. (2) Perubahan kesadaran beragama remaja muslim milenial setelah mengikuti bimbingan agama meliputi tiga aspek. Aspek kognitif terlihat pada keimanan dan kepercayaan yang terlihat pada hidup yang lebih tenang, terarah, teratur, banyak melakukan kegiatan yang positif. Aspek psikomotorik terlihat pada kegiatan rutin Sahabat Hijrahkuu untuk meningkatkan kesadaran beragama remaja dengan sholat berjamaah, berbagi puasa senin kamis, dan mengadakan kelas tahsin. Aspek afektif terlihat pada perubahan remaja yang lebih sering bermuhasabah dan berdzikir. (3) Asumsi masyarakat terkait komunitas Sahabat Hijrahkuu memberi komentar yang positif terkait segala kajian-kajian dan aksi sosial yang dilaksanakan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 09:20 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 09:20 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15981 |
Actions (login required)
View Item |