Analisis Penerapan Surprise Audit Dalam Upaya Pendeteksian Fraud Pada Bank Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Padang Sidempuan)

Rangkuti, Sri Wahyuni (2021) Analisis Penerapan Surprise Audit Dalam Upaya Pendeteksian Fraud Pada Bank Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Padang Sidempuan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (356kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pendeteksian fraud pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Padang Sidempuan serta bagaimana pelaksanaan dan pengaruh surprise audit dalam upaya pendeteksian fraud pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Padang Sidempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini di peroleh bahwa Bank Syariah Mandiri (BSM) menerapkan kebijakan dan mekanisme whistleblowing system, surprise audit dan surveillance system sebagai strategi pendeteksian fraud. Kemudian adanya Surveillance system adalah sebuah tools yang secara otomatis akan menunjukkan tanda-tanda jika telah terjadi anomali dalam transaksi. Pelaksanaan surprise audit pada Bank Syariah Mandiri dilakukan sesuai dengan ketentuan pelaksanaan manual instruksi kerja yang ada pada Standar Operating System (SOP) internal audit Bank Syariah Mandiri yang merujuk pada standar internasional ISO 9001:2008. Pengaruh penerapan metode suprise audit pada bank syariah mandiri membuat pelaku semakin waspada dan jumlah pelanggaran pun akan semakin berkurang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah, Pendeteksian Fraud, Surprise Audit, Strategi Anti Fraud
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Sep 2022 04:36
Last Modified: 28 Sep 2022 04:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15960

Actions (login required)

View Item View Item