Penerapan metode karyawisata dalam pembelajaranpendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ilmi Medan

Mukhlis, Mukhlis (2014) Penerapan metode karyawisata dalam pembelajaranpendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ilmi Medan. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
T. Mukhlis.pdf

Download (978kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode karyawisata dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ilmi Medan. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini diperoleh dengan teknik observasi berperan serta, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan temuan bahwa Penerapan Metode Karyawisata Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ilmi Medan ialah sebagai berikut: 1). Pengelolaan metode karyawisata: : Guru menetapkan tujuan pembelajaran, mempertimbangkan pemilihan teknik, menghubungi pemimpin obyek yang akan dikunjungi, guru menyusun rencana yang masak, membagi tugas-tugas, mempersiapkan sarana, pembagian siswa dalam kelompok, serta mengirim utusan untuk menetapkan tujuan ini ditunjuk suatu panitia di bawah bimbingan guru, untuk mengadakan survei ke obyek yang dituju. 2). Penerapan metode karyawisata diterapkan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (a).Persiapan, (b).Perencanaan, (c). Pelaksanaan, (d). dan pembuatan laporan. 3).Respon belajar siswa menunjukan bahwa siswa merespon dengan menunjukan keantusiasannya dalam mengikuti pembelajaran serta mematuhi tata tertib yang telah ditetapakan dan mengerjakan tugas-tugas sesuai dengan petunjuk dan materi yang di sampaikan guru. 4). Aktifitas belajar siswa ialah: siswa melakukan aktifitas observasi sesuai dengan tugas-tugas yang telah direncanakan di kelas dan tetap berada dalam kelompok yang telah ditentukan dan tata tertib selama dilokasi obyek karyawisata harus dipegang teguh, semua siswa harus dengan teliti memperhatikan semua obyek, mencatat dan dengan cermat mendengarkan wawancara atau informasi yang sedang diberikan oleh juru penerang kemudian semua siswa harus dapat memperoleh penjelasan yang sebaik-baiknya mengenai obyek yang diamati, siswa membuat laporan. 5). Pelaksanaan metode karyawisata: 1. Meninjau obyek wisata 2. Mempersiapkan transportasi 3. Memberi penjelasan kepada siswa mengenai peraturan mulai dari mulai keberangkatan, dilokasi, dan sampai kembali ke sekolah dan pembuatan laporan. 6). Faktor pendukung dan penghambat : a). faktor pendukung yaitu: 1. Guru pendidik yang tamatan S-1 jurusan Pendidikan Agama Islam. 2. Mendapat dukungan dari orang tua wali serta izin dari pihak sekolah dan ketua yayasan. 3.Antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan metode karyawisata. b). faktor penghambat yaitu: 1. Menghubungkan materi dengan obyek wisata. 2. Besarnya biaya yang akan dipergunakan jika obyek yang dituju itu jauh. 3. Masih minimnya pemahaman guru dalam penerapan metode karyawisata.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 12 May 2017 08:45
Last Modified: 12 May 2017 08:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1595

Actions (login required)

View Item View Item