Masjid Ghaudiyah dan Pendidikan Islam: Internalisasi nilai-nilai islam bagi Etnis India Muslim di Kota Medan

Ningrum, Dinda Saqina and Dahlan, Zaini (2022) Masjid Ghaudiyah dan Pendidikan Islam: Internalisasi nilai-nilai islam bagi Etnis India Muslim di Kota Medan. Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6 (1). pp. 1-15. ISSN Print 2549-7987 Online 2550-0341

[img] Text
Artikel Dinda Saqina Ningrum.pdf

Download (674kB)

Abstract

Selain sebagai sarana ibadah, masjid bagi umat muslim juga digunakan sebagai pusat pendidikan. Artikel ini akan membahas tentang eksistensi masjid Ghaudiyah yang dijadikan sebagai media edukatif internalisasi nilai-nilai Islam bagi etnis India Muslim di kota Medan. Melalui metode kualitatif dengan pendekatan sejarah, penelitian menemukan antara lain; pertama Masjid Ghaudiyah adalah masjid kedua yang dinaungi oleh Yayasan India Musim kota Medan. Kedua, aktivitas pendidikan Islam di bawah naungan Yayasan India Muslim adalah kajian rutin, rumah tahfiz dan pembinaan mualaf yang meliputi materi akidah, ibadah dan akhlak. Faktor pendanaan yang baik, menjadika aktititas dimasjid berjalan dengan baik, walaupun masih terdapat beberapa mualaf yang tidak mengikuti kajian pendidikan secara rutin.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Masjid, Pendidikan Islam, India Muslim
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Sep 2022 08:49
Last Modified: 20 Sep 2022 08:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15937

Actions (login required)

View Item View Item