Metode Penyuluh Agama dalam Mengurangi Kecemasan Calon Jamaah Haji pada Masa Pandemi di Kementerian Agama Kabupaten Simalungun

B Bara, Faradila Gusriani (2022) Metode Penyuluh Agama dalam Mengurangi Kecemasan Calon Jamaah Haji pada Masa Pandemi di Kementerian Agama Kabupaten Simalungun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover F.pdf

Download (607kB)
[img] Text
Bab 1 F.pdf

Download (495kB)
[img] Text
Bab 2 F.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
Bab 3 F.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
Bab 4 F.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
Bab 5 F.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
DAPUS F.pdf

Download (859kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran penyuluh agama, hambatan yang didapat saat pelaksanaan penyuluhan dalam mengurangi kecemasan calon jamaah haji pada masa pandemi, dan metode penyuluh agama di Kementerian Agama Kabupaten Simalungun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran penyuluh agama , (2) Hambatan penyuluhan keagamaan dalam mengurangi kecemasan calon jamaah haji diantaranya berkurangnya durasi waktu dalam pemberian materi pembelajaran, jamaah yang silih berganti tidak berhadir (absen), turunnya semangat jamaah karena penurunan kuota haji, dan sulitnya mematuhi protokol kesehatan. (3) Metode yang dilakukan penyuluh agama dalam mengurangi kecemasan adalah metode ceramah (bil lisan) dan tanya jawab. Adapun tujuan penyuluhan agar dapat mengurangi kecemasan yang dihadapi calon jamaah haji pada masa pandemi, dan menambah wawasan masyarakat perihal agama. Untuk mengurangi kecemasan calon jamaah haji perlu dilakukan penyuluhan oleh penyuluh agama pada masa pandemi seperti ini. Dengan adanya metode yang dilakukan oleh penyuluh agama, hal ini akan berpengaruh dan memiliki dampak yang besar bagi calon jamaah khususnya lanjut usia (lansia) yang akan menunaikan ibadah haji.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Penyuluh Agama, Kecemasan, Calon Jamaah Haji, Pandemi
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.15 Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Sep 2022 08:33
Last Modified: 20 Sep 2022 08:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15935

Actions (login required)

View Item View Item