Strategi pengasuhan aktivitas harian siswa di Madrasah Aliyah Swasta Darularafah Lau Bakeri Deli Serdang Sumatera Utara

Handoko, Ari (2012) Strategi pengasuhan aktivitas harian siswa di Madrasah Aliyah Swasta Darularafah Lau Bakeri Deli Serdang Sumatera Utara. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Handoko .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi pengasuhan aktivitas harian siswa merupakan bagian dari Manajemen Pendidikan yang lebih khusus menekankan pada kemampuan atau kompetensi guru pembimbing dalam menciptakan pengasuhan yang kondusif di Madrasah. Tentunya dengan memanfaatkan semua media pembelajaran yang ada dari memberikan pelayanan bimbingan, waktu yang diberikan, sumber belajar maupun terkait integritas guru pembimbing dalam membangun interaksi dan kedisiplinan siswa di Madrasah. Sehingga seluruh indikator yang ditetapkan guru pembimbing dalam bimbingan bisa tercapai. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana Strategi pengasuhan aktivitas harian siswa di Madrasah Aliyah Swasta Darularafah Lau Bakeri Deli Serdang Sumatera Utara. Dari sini akan ditemukan strategi-strategi guru pembimbing di Madrasah terkait memberikan pelayanan bimbingan, menetapkan waktu aktivitas harian siswa, menentukan sumber bahan ajar aktivitas harian siswa, menciptakan interaksi dengan siswa dan menciptakan kedisiplinan di madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (observasi) dan data yang digunakan terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pendekatan ini digunakan untuk menemukan secara utuh strategi apa saja yang telah dijalankan guru pembimbing dalam menciptakan pengasuhan yang efektif dan efesien. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengasuhan aktivitas harian siswa di Madrasah Aliyah merupakan usaha atau kreatifitas biro pengasuhan dan guru pembimbing dalam memberikan bimbingan. Sedangkan pihak sekolah hanya menetapkan aturan yang sifatnya garis besar, dalam hal untuk pencapaian visi misi sekolah. Adapun strategi biro pengasuhan dan guru pembimbing meliputi: Pertama, memberikan pelayanan bimbingan aktivitas harian siswa dengan sebaik-baiknya yaitu layanan dasar bimbingan yang diperuntukkan bagi semua siswa, bimbingan kelompok, berkalaborasi guru dengan keluarga dan layanan bimbingan penempatan kerja. Kedua, biro pengasuhan dan guru pembimbing menetapkan waktu aktivitas harian siswa dari mulai pukul 05.00 WIB sampai 23.00 WIB, meliputi waktu shalat, mandi, makan, belajar formal di kelas, kegiatan ektrakurikuler, istirahat dan tidur. Ketiga, biro pengasuhan dan guru pembimbing menentukan sumber bahan ajar melalui rapat guru pembimbing dengan guru mata pelajaran membuat silabus, RPP dan sebagainya, maupun bahan-bahan lain yang mendukung pencapaian materi sebelum pembelajaran dimulai. Keempat, biro pengasuhan dan guru pembimbing menciptakan interaksi yang lebih partisipasif dengan siswa dan Kelima, biro pengasuhan dan guru pembimbing menciptakan kedisiplinan dengan memberikan hadiah dan hukuman yang sifatnya mendidik. Dan arah yang berjalan dari hasil observasi sudah cukup menunjang dalam pencapaian mutu pendidikan di Madrasah Aliyah, karena tingkat kreatifitas guru pembimbing di Madrasah Aliyah cukup baik.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 12 May 2017 08:18
Last Modified: 12 May 2017 08:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1593

Actions (login required)

View Item View Item