Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar fiqih di Kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan

Adly, Adly (2012) Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar fiqih di Kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
t. Adly.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui; (1). Hasil belajar fiqih siswa kelas XI (1) IPA MAN 1 Padangsidimpuan sebelum penerapan pembelajaran berbasis masalah, (2). Keaktifan belajar dan hasil belajar fiqih siswa kelas XI (1) IPA MAN 1 Padangsidimpuan sesudah penerapan pembelajaran berbasis masalah, (3). Respon siswa selama penerapan pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran fiqih siswa kelas XI (1) IPA MAN 1 Padangsidimpuan, (4) aktivitas mengajar guru selama penerapan pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran fiqih siswa kelas XI (1) IPA MAN 1 Padangsidimpuan. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa yang terdiri dari 8 laki – laki dan 15 perempuan. Tindakan pembelajaran dilakukan dalam 2 siklus. Masing – masing siklus dilaksanakan dalam 1 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Alat pengumpul data melalui tes kemampuan memahami hukum Islam tentang waris, observasi, wawancara dan kajian dokumen. Teknik analisis data menggunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh; (1). Hasil belajar fiqih siswa kelas XI (1) IPA MAN 1 Padangsidimpuan sebelum penerapan pembelajaran berbasis masalah masih dalam kategori tidak tuntas dengan nilai rata – rata mencapai 58,78, (2). Keaktifan belajar dan hasil belajar fiqih sesudah penerapan pembelajaran berbasis masalah meningkat. Nilai rata – rata keaktifan belajar mencapai 91,52, sedangkan nilai rata – rata hasil belajar mencapai 97,04, (3). Respon siswa selama penerapan pembelajaran berbasis masalah sangat baik. Dari hasil observasi dan wawancara menunjukkan keaktifan belajar, senang belajar, memberikan ide – ide, menanggapi hasil diskusi dan menggemari pelajaran fiqih, (4). Aktivitas mengajar guru selama penerapan pembelajaran berbasis masalah meningkat dengan persentase capaian 96,66%.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 10 May 2017 05:07
Last Modified: 10 May 2017 05:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1591

Actions (login required)

View Item View Item