Analisis Fiqh Siyasah Terhadap Peran Tokoh Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Desa Didesa Sei Mentaram Kabupaten Batubara

Al Firdaus, Al Firdaus (2021) Analisis Fiqh Siyasah Terhadap Peran Tokoh Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Desa Didesa Sei Mentaram Kabupaten Batubara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (566kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
2. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)

Abstract

penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana Pelaksanaan pemilihan kepala desa di Desa Sei Mentaram periode 2016-2022 berpedoman pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2015 Tentang Desa dan Peraturan Daerah Kabupaten Batubara Nomor 02 Tahun 2015 Tentang Pemilihan Kepala Desa. Hal ini, terlihat dari kelancaran proses pemilihan kepala desa mulai dari pembentukan panitia sampai pada pemungutan suara. Penyelenggaraan pemilihan kepala desa dilakukan oleh panitia pemilihan yang dibentuk melalui Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan anggotanya terdiri dari unsur perangkat desa, pengurus lembaga kemasyarakatan, dan tokoh masayarakat desa. Peran merupakan perwakilan kepentingan dari semua elemen didalam masyarakat itu kemudian mewujud dalam rangka mengakomodir setiap kepentingan-kepentingan masyarakat serta senantiasa menjadi yang terdepan dalam proses pengembangan sumber daya manusia yang ada dalam masyarakatnya. Dalam Pesfektif Fiqh Siyasah kata khalifah sering diartikan sebagai pengganti, karena orang yang menggantikan itu berada atau datang sesudah orang yang digantikan dan ia menempati tempat dan kedudukan orang tersebut. Khalifah juga bisa berarti seseorang yang diberi wewenanguntuk bertindak dan berbuat sesuai dengan ketentuan-ketentuan orang yang memberi wewenang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.7 Hukum Internasional > 2X4.71 Hukum ketatanegaraan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:34
Last Modified: 15 Sep 2022 03:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15886

Actions (login required)

View Item View Item