Penyelesaian Kasus Pidana Anak Pelaku Pidana Terorisme Melalui Restorative Justice (Al-isti'adah) Perspektif Hukum Pidana Islam dan Hukum Pidana Positif

Rahman, Farhan Fathur (2021) Penyelesaian Kasus Pidana Anak Pelaku Pidana Terorisme Melalui Restorative Justice (Al-isti'adah) Perspektif Hukum Pidana Islam dan Hukum Pidana Positif. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (117kB)
[img] Text
dafpus.pdf

Download (237kB)

Abstract

Aksi terorisme yang melibatkan anak-anak tentu mengundang keprihatinan tersendiri. Bagaimana tidak, bila anak tersebut dihadapkan pada proses peradilan formil maka selain ia akan kehilangan kemerdekaannya, juga kehilangan masa depannya karena stigmatisasi sebagai pelaku teror yang dilekatkan seumur hidup. Namun bila ditempuh model diversi melalui keadilan restoratif maka dalam proses hukumnya akan terhadang oleh ketentuan Pasal 7 ayat (2) UU No. 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Lalu bagaimanakah titik temu antara keduanya? Bagaimanakah pendekatan diversi ini dalam perspektif hukum pidana Islam dan hukum pidana Positif? Skripsi ini mencoba untuk mendeskripsikan model diversi melalui pendekatan restorative justice dalam perspektif hukum pidana Islam dan hukum pidana positif. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah telaah pustaka (library research) yang bersumber dari berbagai literatur seperti buku-buku, kitab dan artikel jurnal. Setelah data terkumpul, akan dilakukan analisis dengan menggunakan metode deskriptif-analitis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keadilan restoratif melalui model diversi selaras dengan prinsip-prinsip hukum pidana Islam dan hukum pidana positif, pendekatan hukum ini bertujuan untuk membantu anak pelaku teror menyadari, merasakan sekaligus memulihkan kembali hubungan kemanusiaan yang sempat rusak antara pelaku dan korban. Hal ini disebabkan pada dasarnya anak pelaku teror bukanlah pelaku dalam arti sebenarnya, namun ia adalah korban sesungguhnya dari hasil indoktrinasi orangtuanya ataupun pihak lain.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.5 Hukum Pidana/Jinayat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Sep 2022 08:10
Last Modified: 14 Sep 2022 08:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15882

Actions (login required)

View Item View Item