Analisis Strategi Bertahan Usaha Kelompok Tani Kopi Di Tengah Pandemi Covid-l9 (Studi Pada Kelompok Tani Binaan Koperasi Buana Mandiri)

Rambe, Dinda Delfi Permata (2021) Analisis Strategi Bertahan Usaha Kelompok Tani Kopi Di Tengah Pandemi Covid-l9 (Studi Pada Kelompok Tani Binaan Koperasi Buana Mandiri). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI DINDA DELFI PERMATA RAMBE .pdf

Download (1MB)

Abstract

Parrdemi Covid-19 faktanya memang mempengaruhi perekonomian di seluruh negara, tak terkecuali Indonesia. Dampak pandemi ini kerap dimsakan oleh kelonrpok tani [<opi di Kabupaten Bener Meriah. semenjak wabah ini menyebar, terjadi penurunan harga terhadap komoditas kopi. Di balik perrurrrnan harga kopi selama hampir 2 (Dua) tahun terakhir, para petani tetap harus melanjutkan usaha taninya. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif desl<riptif dengan teknik analisis data Analisis SWOT. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis strategi bertahan kelompok tani binaan Koperasi Buana Mandiri yang terkena darnpak dari Panderni Covid-19. HasiI penelitian menunjukkan bahwa kelompok tani binaan Koperasi Buana Mandiri melakukan pekerjaan lain untuk memperoleh pendapatan tarnbahan, serta memanfaatkan waktu selain menanam kopi dengan mcnanam tanaman lainnya. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggutrakan Analiss SWOT ditemukan bahwa kelompok tani kopi binaan Koperasi Buana Mandiri berada pada kuadran I, yang mana kondisi tersebut menggambarkan kondisi yang sangat menguntungkan. Dalam kondisi tercebut strategi yang harus dilakukan ialah dengan mendukung kebijakan pertumtruhan agresif (Growth Oriented Strategt), artinya kelompok tani pada kondisi yang prima hingga cukup memungkinkan untuk terus melakukan ekspansi, meraih kemajuan yang maksimal, dan memperbesar perturnbuhan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi llertahan, Kelompok Tani Kopi'Pandemi Covid-I9
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Sep 2022 05:49
Last Modified: 14 Sep 2022 05:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15880

Actions (login required)

View Item View Item