Pengaruh Pelayanan Petugas BTPN Syariah Pada Produk Tepat Pembiayaan Syariah Kelompok Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Petugas BTPN Syariah di Desa Durin Simbelang)

Prastio, Wibi (2021) Pengaruh Pelayanan Petugas BTPN Syariah Pada Produk Tepat Pembiayaan Syariah Kelompok Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Petugas BTPN Syariah di Desa Durin Simbelang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI_WIBI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian untuk mengetahui Pengaruh Pelayanan Petugas BTPN Terhadap Kepuasan Nasabah di Desa Durin Simbelang. Perkembangan Bank Syariah yang terus meningkat, menurut OJK data Statistik Perbankan Syariah tahun 2019 jumlah BUS, UUS, dan BPRS ada 197 unit, sedangkan tahun 2020 ada 198 unit. Oleh karena itu BTPN Syariah dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik agar nasabah tidak kecewa dan dapat bersaing. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kuantitatif. Jumlah populasi 104 nasabah di Desa Durin Simbelang. Dengan teknik pengambilan sempel dengan metode purposive sampling. Teknik pengambilan data dengan menyebar kuisioner dan wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t, uji f, regresi linear berganda dan uji koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan Jaminan terhadap Kepuasan Nasabah dengan thitung 3,599 > ttabel 2,014 dan nilai signifikannya 0,003 < 0,05. (2) terdapat pengaruh signifikan Kehandalan terhadap Kepuasan Nasabah dengan thitung 4,977 > ttabel 2,014 dan nilai signifikannya 0,008 < 0,05. (3) terdapat pengaruh signifikan Daya Tanggap terhadap Kepuasan Nasabah dengan thitung 4,288 > ttabel 2,014 dan nilai signifikannya 0,005 < 0,05. (4) terdapat pengaruh signifikan Bukti Fisik terhadap Kepuasan Nasabah dengan thitung 4,180 > ttabel 2,014 dan nilai signifikannya 0,002 < 0,05. (5) terdapat pengaruh signifikan Perhatian terhadap Kepuasan Nasabah dengan thitung 3,807 > ttabel 2,014 dan nilai signifikannya 0,000 < 0,05.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jaminan, Kehandalan, Daya Tanggap, Bukti Fisik, Perhatian, dan Kepuasan Nasabah
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:44
Last Modified: 14 Sep 2022 04:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15872

Actions (login required)

View Item View Item