Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas XI Di MAN 3 Langkat Tahun Ajaran 2021/2022

Budiarty, Anita (2022) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas XI Di MAN 3 Langkat Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI ANITA BUDIARTY_PAI UINSU.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kompetensi pedagogik guru di MAN 3 Langkat, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas XI MAN 3 Langkat, 3) pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas XI MAN 3 Langkat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling diambil 12% dari jumlah populasi kelas XI yaitu berjumlah 280 siswa sehingga diperoleh sebanyak 34 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dan tes hasil belajar siswa. Angket disusun berdasarkan indikator kompetensi pedagogik guru, dan tes hasil belajar disusun sesuai dengan materi pada pelajaran Al-Qur’an Hadis. Selanjutnya instrumen penelitian diujicobakan kepada siswa yang menjadi responden dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, peneliti memperoleh data kompetensi pedagogik guru dengan nilai rata-rata hitung sebesar 115,20 dan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata hitung sebesar 20,64. Uji normalitas pada variabel X dengan nilai Kolmogorov Smirnov 0,519 > probabilitas 0,05 dan variabel Y dengan nilai Kolmogorov Smirnov 0,600 > probabilitas 0,05. Selanjutnya uji homogenitas diperoleh nilai x2 hitung < x2 tabel yaitu -700,89 < 21,02 sehingga data homogen. Kemudian pada pengujian hipotesis diperoleh nilai Fhitung < Ftabel atau 1,381 < 2,54, diperoleh signifikan yang menyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bawa terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa sebesar 14,44%, hal ini menunjukkan bahwa masih banyak faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa di MAN 3 Langkat tahun ajaran 2021/2022 yaitu sebesar 85,56%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:16
Last Modified: 14 Sep 2022 03:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15864

Actions (login required)

View Item View Item