ANALISIS PEMBIAYAAN KPR SYARIAH TERHADAP NASABAH BERPENGHASILAN RENDAH (STUDI PADA PT. BANK SUMUT KANTOR CABANG SYARIAH MEDAN)

Yanti, Elvida (2022) ANALISIS PEMBIAYAAN KPR SYARIAH TERHADAP NASABAH BERPENGHASILAN RENDAH (STUDI PADA PT. BANK SUMUT KANTOR CABANG SYARIAH MEDAN). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
skrpsi elvida yanti revisi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis pembiayaan KPR Syariah terhadap nasabah berpenghasilan rendah dan menjawab bagaimana proses untuk melakukan pembiayaan KPR Syariah terhadap nasabah berpenghasilan rendah di PT. Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang berdasarkan reset lapangan (field research). Data yang digunakan penelitian ini data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan studi Pustaka baik berupa buku-buku yang berkaitan dengan judul penelitian. data yang diperoleh kemudian diolah dalam bentuk kata-kata atau teks yang kemudian dijelaskan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab terjadinya penurunan secara fluktuatif pembiayaan KPR Syariah bersubsidi di Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan ialah masih terbilang tingginya penetapan gaji sebagai syarat untuk mendapatkan pembiayaan KPR Syariah bersubsidi di bank bagi nasabah berpenghasilan rendah dan masih kurangnya promosi oleh marketing sendiri sehingga membuat masyarakat kurang menarik untuk melakukan pembiayaan KPR Syariah bersubsidi. dalam penyaluran pembiayaan KPR Syariah bersubsidi terhadap Nasabah berpenghasilan rendah di PT. Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan target utamanya adalah nasabah berpenghasilan menengah kebawah belum pernah memiliki rumah sistem pembayaran pada produk ini menggunakan sistem cicilan dengan jangka waktu Panjang sampai 20 tahun. dalam penyaluran pembiayaan KPR bersubsidi telah sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan perumahan rakyat terutama mengenai Batasan penghasilan yang ditetapakan Bank sumut Kantor Cabang Syariah Medan. Pelaksanaan penyaluran pembiayaan KPR Syariah Bersubsidi atau dikenal dengan KPR syariah sejahtera tapak menggunakan akad murabahah telah sesuai dengan prospektif Syariah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah, Nasabah, Pembiayaan, KPR Syariah
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:12
Last Modified: 14 Sep 2022 03:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15863

Actions (login required)

View Item View Item