Manajemen Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di SMA YP. Utama Medan

Azhari, Fira Rizki (2021) Manajemen Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di SMA YP. Utama Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
skripsi FIRA RIZKI AZHARI acc.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian meningkatkan proses pembelajaran baik dari segi manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan proses pembelajaran, upaya yang dilakukan dalam meningkatkan ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen sarana prasarana dalam proses pembelajaran, faktor pendukung dan penghambat. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitas dengan pendekatan deskriptif kualitatif penelitian ini dilakukan di SMA YP. Utama medan. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Penjamin keabsahan data dalam penelitian ini yaitu creadibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa : 1) Manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan proses pembelajaran mulai dari perencanaan, pengadaan, pendayagunaan, pemeliharaan. 2) Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan proses pembelajaran yaitu menyediakan kebutuhan dewan guru untuk proses pembelajaran dan mengupayakan keberadaannya dalam kondisi siap pakai. 3) faktor pendukung dan penghambat terlaksananya manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan proses pemelajaran adalah faktor pendukungnya sendiri informasi dan komunikasi yang terus dilakukan terhadap guru, murid, beserta orangtua. Faktor pemnghambatnya adalah kurangnya kesadaran peserta didik dalam menjaga maupun merawat sarana prasarana yang telah disediakan, kemudian masalah dana.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sarpras, Proses Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.6 Gedung dan bangunan sekolah, fasilitas fisik pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:10
Last Modified: 12 Sep 2022 08:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15851

Actions (login required)

View Item View Item