Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Pemlikan Rumah Flpp (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) Dalam Menarik Nasabah Berpenghasilan Rendah Di PT. Bank Sumut Cabang Syariah Tebing Tinggi

Walida, Shopiani (2021) Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Pemlikan Rumah Flpp (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) Dalam Menarik Nasabah Berpenghasilan Rendah Di PT. Bank Sumut Cabang Syariah Tebing Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI SHOPIANI WALIDA (2) (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang paling tepat pada Pembiayaan Pemilikan Rumah FLPP di PT. Bank Sumut Cabang Syariah Tebing Tinggi sehingga mampu menarik nasabah lebih banyak. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan informasi yang didapatkan strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Bank Sumut Cabang Syariah Tebing Tinggi menggunakan strategi bauran pemasaran 4P yaitu product, price, place, dan promosion. Penelitian ini dianalisis menggunakan SWOT dengan matriks IFAS dan EFAS yang diidentifikasikan dari lingkungan internal maupun lingkungan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari Pembiayaan Pemilikan Rumah FLPP. Kemudian diidentifikasi dengan menggunakan matriks SWOT, sehingga didapatkan strategi yang paling tepat diterapkan oleh PT. Bank Sumut Cabang Syariah Tebing Tinggi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Pembiayaan Pemilikan Rumah FLPP berada dikudran 1 (satu) yang terletak disumbu SO, dimana S = 2,43 W = 1,08, sehingga (S-W) = 1,35, sedangkan O = 2,58, T =0,60, sehingga (O-T) = 1,98. Dengan demikian didapatkan hasil bahwa Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Pemilikan Rumah FLPP strategi yang harus dikembangkan yaitu Strategi agressif strategi ini menunjukkan bahwasanya kondisi perusahaan dalam keadaan kuat dan mampu untuk terus berkembang dengan menangkap peluang yang ada untuk meraih profit yang maksimal. Diharapkan PT. Bank Sumut Syariah Cabang Syariah Tebing Tinggi untuk menggunakan startegi digital marketing dengan memanfaatkan media sosial seperti whatsapp, twitter, fecebook, dan instagram sehingga masyarakat lebih mengetahui produk pembiayaan pemilikan rumah FLPP mengingat sekarang ini merupakan zaman milenial.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:02
Last Modified: 12 Sep 2022 08:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15847

Actions (login required)

View Item View Item