Persepsi Mahasiswa FIS (Fakultas Ilmu Sosial) Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Jurusan Ilmu Komunikasi Negeri Negeri Sumatera Utara Terhadap Akun @tirtacipeng Pada Aplikasi Tik Tok

Danti, Siti Nurhaliza (2021) Persepsi Mahasiswa FIS (Fakultas Ilmu Sosial) Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Jurusan Ilmu Komunikasi Negeri Negeri Sumatera Utara Terhadap Akun @tirtacipeng Pada Aplikasi Tik Tok. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap akun @tirtacipeng pada aplikasi tik tok dan Untuk mengetahui motif mahasiswa melihat akun @tirtacipeng pada aplikasi tik tok. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalalah Teori S- O-R. Subjek dari penelitian ini yaitu Mahasiswa Ikom-8 UINSU Dengan waktu penelitian terhitung bulaniJuli sampai Agustus. Metode yang di lakukan dalam penelitian ini yaitu Metode Kualitatif dengan In-depth Interview (wawancara mendalam). Teknis analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu persepsi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UINSU pada akun @tirtacipeng pada aplikasi tik tok yaitu diketahui bahwa terdapat adanya perbedaan pendapat sebagian informan yang menilai dari segi persepsi lingkungan fisik dan persepsi sosial. Dalam menentukan narasumber akun @tirtacipeng pada aplikasi tik tok lebih bervariasi, dengan mengedepankan nilai inspiratif dari berbagai aspek kehidupan narasumber. Selain itu, kriteria pemilihan narasumber pada akun @tirtacipeng pada aplikasi tik tok bersifat terbuka, yakni berbagai kalangan dimungkinkan menjadi narasumber dan pada dasarnya didesain sedemikian rupa sebagai postingan inspiratif dan bermanfaat. Sebagian informan ada juga yang menilai aspek edukasi lebih dominan dan postingan akun @tirtacipeng berada pada aplikasi tik tok industri media yang berhaluan manfaat bagi informan. Dan Motif yang mendorong mahasiswa untuk melihat akun @tirtacipeng pada aplikasi tik tok yaitu untuk memperoleh ragam informasi yang bernilai edukasi maupun informasi-informasi yang bersifat mengedukasi dari realitas kehidupan publik figur tertentu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:59
Last Modified: 12 Sep 2022 07:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15845

Actions (login required)

View Item View Item