Analisis Kinerja Lembaga Amil Zakat dengan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Dompet Dhuafa Waspada)

Harahap, Ridha Zhuhrina (2021) Analisis Kinerja Lembaga Amil Zakat dengan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Dompet Dhuafa Waspada). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
RIDHA ZHUHRINA HARAHAP.pdf

Download (842kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Waspada dalam perspektif keuangan dan pertumbuhan dana zakat, infak dan sedekah, perspektif pelanggan/muzakki, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu Amil dari LAZ Dompet Dhuafa Waspada Medan. Objek penelitian ini yaitu kinerja dari Lembaga Amil Zakat yang dianalisis dengan menggunakan metode balanced scorecard. Teknik pengumpulan data yang digunakan dari penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah 1) Kinerja Dompet Dhuafa Waspada dilihat dari perspektif keuangan yaitu pertumbuhan pendapatan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dan dapat dikatakan baik, 2) Kinerja Dompet Dhuafa Waspada Medan dilihat dari perspektif pelanggan/muzakki yang memiliki indikator yaitu retensi pelanggan, akuisisi pelanggan dan kepuasan pelanggan, dari pengukuran retensi pelanggan dan akuisisi pelanggan dapat dikatakan kurang tetapi pada kepuasan pelanggan dapat dikatakan baik, 3) Kinerja Dompet Dhuafa Waspada dalam perspektif proses bisnis internal yang mempunyai dua indikator yaitu jumlah penanganan keluhan dan respond time, dari jumlah penanganan keluhan tidak ada dan dapat dikatakan baik dan respond time mengalami peningkatan dan dapat dikatakan baik, 4) Kinerja Dompet Dhuafa Waspada dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yang mempunyai dua indikator yaitu kapabiltas karyawan dan peningkatan komitmen karyawan, dalam peningkatan kapabilitas karyawan dapat dikatakan baik dan peningkatan komitmen karyawan dikatakan kurang baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Balanced Scorecard, LAZ
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Sep 2022 05:46
Last Modified: 12 Sep 2022 05:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15837

Actions (login required)

View Item View Item