Analisis Manajemen Risiko Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Menggunakan Metode Four Eyes Principles pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. KC Medan BalaiKota

Wicaksana, M. Aldo (2021) Analisis Manajemen Risiko Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Menggunakan Metode Four Eyes Principles pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. KC Medan BalaiKota. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi M ALDO WICAKSANA (Revisi Final).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme dan/atau prosedur pembiayaan KPR Bank Muamalat KC Medan Balaikota, penerapan manajemen risiko pembiayaan KPR menggunakan metode four eyes principles pada Bank Muamalat, dan penerapan manajemen risiko pembiayaan KPR menggunakan metode four eyes principlesdalam menimalisir terjadinya pembiayaan bermasalah / macet pada Bank Muamalat KC Medan Balaikota. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa wawancara langsung dan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal, dll. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan manajemen risiko pembiayaan KPR menggunakan metode four eyes principle dalam meminimalisir terjadinya pembiayaan bermasalah yang dilakukan oleh Bank Muamalat KC Medan Balaikota sudah baik, karena diterapkannya prinsip 5C (Character, capacity, capital, collateral, dan condition) dan diterapkannya tiga jenis four eyes principles (Segregation of Duty, Dual control dan Dual Custody). Penerapan manajemen risiko dan four eyes principles bertujuan agar setiap tugas dan/atau tindakan yang dilakukan dapat berjalan lancar dan terukur atau berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya persentase pembiayaan bermasalah (NPF) Bank Muamalat yang berada dibawah 5 % yang mana berdasarkan Peraturan Bank Indonesia No. 15/2/PBI/2013 Tentang Penerapan Status dan Tindak Lanjut Pengawasan Bank Umum Konvensional, rasio kredit / pembiayaan bermasalah (Non Performing Financing) secara neto tidak lebih dari 5%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Risiko, Pembiayaan KPR, Four Eyes Principles
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Sep 2022 05:28
Last Modified: 12 Sep 2022 05:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15834

Actions (login required)

View Item View Item