Analisis Efektivitas Pengelolaan Dana Zakat Dalam Meningkatkan Kemampuan Masyarakat Bertahan Hidup Pada Masa Pandemi Covid-19 (studi Pada BAZNAS Provinsi Sumatera Utara)

Azizah, Nurul Wafiq (2021) Analisis Efektivitas Pengelolaan Dana Zakat Dalam Meningkatkan Kemampuan Masyarakat Bertahan Hidup Pada Masa Pandemi Covid-19 (studi Pada BAZNAS Provinsi Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
nurul.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pengelolaan dana zakat dalam meningkatkan kemampuan masyarakat bertahan hidup pada masa pandemi Covid-19, dan upaya yang dilakukan dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan dana zakat pada masa pandemi Covid-19. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi, yaitu melakukan wawancra langsung terhadap staf di BAZNAS Provinsi Sumatera Utara dan beberapa mustahik yang menerima zakat pada masa pandemi Covid-19, kemudian mendokumentasikan data yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengelolaan dana zakat di BAZNAS Provinsi Sumatera Utara pada masa pandemi Covid-19 dapat dikatakan efektif, terutama dalam segi pendistribusian, banyak masyarakat yang sulit memenuhi kebutuhan pokonya karena terdampak pandemi Covid dan merasa terbantu dengan adanya penyaluran dana zakat. BAZNAS Provinsi Sumatera Utara salah satu lembaga zakat yang berperan dalam penanggulangan Covid-19 melaluli penyaluran zakatnya dari berbagai program, yaitu program bina sumut peduli, bina sumut sehat, bina sumut cerdas, bina sumut makmur, bina sumut taqwa, dan kita jaga Kyai. Tetapi dalam segi penghimpunan masih belum optimal dimana jumlah realisasi zakat masih jauh dari potensinya yang besar, hal ini dikarenakan masih banyaknya masyarakat muslim yang belum memiliki kesadaran untuk membayar zakat di BAZNAS Provinsi Sumatera Utara.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pengelolaan Zakat, Covid-19, dan Bertahan Hidup
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Sep 2022 07:22
Last Modified: 08 Sep 2022 07:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15801

Actions (login required)

View Item View Item