Penerapan Fungsi Manajemen Dakwah Dalam Pelaksanaan Kegiatan Dakwah Di Masjid Raya Al-Aman Aek Kanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara

Mailani, Tika (2022) Penerapan Fungsi Manajemen Dakwah Dalam Pelaksanaan Kegiatan Dakwah Di Masjid Raya Al-Aman Aek Kanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Tika Mailani ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi fungsi manajemen dakwah dalam kegiatan dakwah di Masjid Raya Al-Aman Aek Kanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan dakwah di Masjid Raya Al-Aman Aek Kanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan pendekatan manajemen. Sumber data yang di gunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Pada pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data terdiri dari reduksi data, penyajian data serta kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Masjid Raya Al-Aman Aek Kanopan dalam pengelolaannya menerapkan fungsi-fungsi manajemen. Fungsi perencanaan dilakukan dengan mengadakan rapat bersama kepengurusan Masjid. Fungsi pengorganisasian diterapkan untuk membagi pembagian kerja, wewenang dan tanggung jawab. Fungsi pelaksanaan di terapkan untuk mencapai sasaran yang telah direncanakan dengan kerja sama tim dan menjaga komunikasi dengan baik. Fungsi pengendalian di terapkan untuk menemukan suatu proses yang menyimpang dan menemukan solusi dari permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan dakwah, evaluasi di terapkan untuk mengadakan rapat terkait hasil dari pelaksaan dakwah yang sudah di jalankan. Adapun faktor pendukung berupa dana yang mencukupi, sarana dan prasarana serta latar belakang pendidikan keanggotaan dan semangat kesatuan. Faktor penghambat berupa kesibukan beberapa keanggotaan, pengalihan bidang kerja dan jarak rumah keanggotaan antara Masjid.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Sep 2022 07:15
Last Modified: 08 Sep 2022 07:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15800

Actions (login required)

View Item View Item