PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERMAIN DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP KEMATANGAN SEKOLAH PADA ANAK RAUDHATUL ATFHAL KOTA GUNUNGSITOLI

Aceh, Yusna (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERMAIN DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP KEMATANGAN SEKOLAH PADA ANAK RAUDHATUL ATFHAL KOTA GUNUNGSITOLI. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
tesis lengkap yusna aceh.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana pengaruh metode pembelajaran bermain dan kreativitas Guru terhadap kematangan sekolah pada anak Raudhatul Atfhal Kota Gunungsitoli. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi-eksperimen. Metode ini dipilih karena kelas yang dipakai untuk perlakuan baik untuk kelas pembelajaran dengan metode bermain maupun kelas pembelajaran dengan metode formal yang sudah terbentuk sebelumnya dan karakteristik anak yang dikontrol adalah kreativitas, dengan menggunakan Populasi dan Sampel Penelitian. Hasil dari temuan penelitian bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan metode pembelajaran terhadap kematangan sekolah anak. Hal ini terlihat dari perbedaan rata-rata hasil tes kematangan sekolah anak yang diajar dengan metode pembelajaran bermain secara keseluruhan baik pada kelompok anak dengan kreativitas tinggi maupun kreativitas rendah lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil tes kematangan sekolah anak yang diajar dengan metode pembelajaran formal. Dengan demikian metode pembelajaran bermain lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran di Raudhatul Atfhal guna meningkatkan kematangan sekolah anak.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Sep 2022 05:06
Last Modified: 08 Sep 2022 05:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15795

Actions (login required)

View Item View Item