Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Pedesaan Melalui Plastic Waste Recycling (Studi Kasus Bank Sampah Mandiri Desa Tebing Linggahara Kec. Bilah Barat Kab. Labuhan Batu)

Nasution, Hasri (2022) Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Pedesaan Melalui Plastic Waste Recycling (Studi Kasus Bank Sampah Mandiri Desa Tebing Linggahara Kec. Bilah Barat Kab. Labuhan Batu). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
01. SKRIPSI HASRI NASUTION BEBAS PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat: (1) Pola kerjasama yang dilakukan di dalam bank sampah mandiri, (2) Proses yang dilakukan bank sampah dalam pemberdayaan ekonomi kreatif masyarakat desa melalui plastic waste recycling (daur ulang sampah plastik) di Bank Sampah Mandiri Desa Tebing Linggahara Kec. Bilah Barat Kab. Labuhan Batu, (3) Dampak sosial dan dampak ekonomi yang dirasakan masyarakat atas kehadiran Bank Sampah Mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif lebih mengarah ke analisis yang mendalam atau mendetail (in-depth analysis) yaitu menelaah masalah satu persatu sebab karakteristik di setiap masalah tersebut tidak sama yang satu dengan yang lainnya. Hasil yang didapatkan melalui penelitian ini merupakan proses pemberdayaan ekonomi kreatif yang dilaksanakan melalui plastic waste recycling atau daur ulang sampah plastik di bank sampah mandiri telah dilaksanakan dengan cukup baik. Kegiatan daur ulang sampah plastik yang dilaksanakan oleh Bank Sampah Mandiri telah memberikan banyak dampak dan juga manfaat sosial dan manfaat ekonomi untuk masyarakat serta anggota.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bank Sampah, Daur Ulang Sampah Plastik, Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Masyarakat, Plastic Waste Recycling.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:53
Last Modified: 08 Sep 2022 04:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15793

Actions (login required)

View Item View Item