Analisis Valuasi Saham Dalam Mengestimasi Harga Saham Syariah Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Keputusan Investasi (Studi Kasus: Perusahaan Subsektor Telekomunikasi, Farmasi, Dan Keuangan ISSI

Silalahi, Noni Novita Sari Br (2022) Analisis Valuasi Saham Dalam Mengestimasi Harga Saham Syariah Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Keputusan Investasi (Studi Kasus: Perusahaan Subsektor Telekomunikasi, Farmasi, Dan Keuangan ISSI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI OLEH NONI NOVITA SARI BR SILALAHI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai intrinsik pada saham apakah beradapada kondisi undervalued, overvalued, dan fairvalued. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar dalam subsektor Telekomunikasi, Farmasi, dan Keuangan yang tergabung dalam ISSI dengan penentuan sample menggunakan teknik Sampling Purposive dan didapatkan 11 perusahaan sebagai sample. Data yang digunakan sekunder dengan pengolahan dengan SPSS 20 dan Ms. Excel. Berdasarkan penggunaan melalui metode PER dan PBV didapatkan hasil uji independent sample T-Test sebesar 0,032 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya bahwa terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata hasil valuasi saham PER dan PBV. Dan dengan menggunakan Root Mean Square Error untuk mengetahui tingkat kesalahan didapatkan bahwa nilai RMSE PER (1786)<PBV (1935) artinya metode PER lebih baik dibandingkan PBV karena memiliki tingkat kesalahan lebih kecil. Melaui PER didapatkan 5 perusahaan memiliki saham dengan kondisi harga undervalued yaitu TLKM, KAEF, KLBF, PYFA, dan SIDO dan 6 saham berada dalam kondisi harga overvalued yaitu ISAT, DVLA, MERK, TSPC, BRIS, dan BTPS. Berdasarkan penggunaan metode PBV didapatkan 5 perusahaan memiliki saham dengan kondisi harga undervalued yaitu DVLA, KAEF, KLBF, MERK, dan SIDO. Dan 6 perusahaan berada dalam kondisi harga overvalued yaitu ISAT, TLKM, PYFA, BRIS, BTPS, dan TSPC. Dan terdapat 6 perusahaan dengan kondisi yang sama dengan menggunakan PER dan PBV yaitu KAEF, KLBF, SIDO, TSPC, BRIS dan BTPS.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Saham, Harga Saham Syariah, Valuasi Saham, PER, PBV, Keputusan Investasi
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:27
Last Modified: 08 Sep 2022 03:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15772

Actions (login required)

View Item View Item