Manajemen peningkatan mutu di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Aceh Tamiang.

Ishak, Ishak (2011) Manajemen peningkatan mutu di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Aceh Tamiang. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Ishak .pdf

Download (755kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini, secara umum untuk mendapatkan gambaran secara deskriftif pelaksanaan manajemen yang memfokuskan pada manajemen peningkatan mutu di MTs Negeri Seruway Kabupaten Aceh Tamiang . Dengan menelusuri perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan , pengawasan,evaluasi peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri Seruway Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data peneliti,untuk lebih dapat dipahami berikut akan diuraikan prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini sebagai berikut: Observasi.,Wawancara, Studi Dokumen.Teknis analisis data dalam suatu penelitian kualitatif dapat digunakan deskriptif naratif, melalui tiga alur yaitu : Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat penulis informasikan yaitu : (1)Perencanaan adalah membuat suatu target-target yang akan dicapai atau diraih di masa depan. Perencanaan peningkaatan mutu pendidikan MTs Negeri Seruway dilakukan dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Fungsi perencanaan yang dilaksanakan di MTs Negeri Seruway ini meliputi pengaturan sumber dana, sumber daya atau personil madrasah dan upaya pembinaannya, dan pengembangan kurikulum. Perumusan perencanaan peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri Seruway melalui musyawarah atau rapat madrasah yang melibatkan kepala Madrasah, guru, staf dan komite Madrasah. (2). Pengorganisasian sumber daya dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri Seruway dilaksanakan dengan proses perincian seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan setiap individu dalam mencapai tujuan Madrasah, pembagian beban pekerjaan menjadi kegiatan-kegiatan yang dapat dilaksanakan oleh setiap individu dan pengadaan serta pengembangan mekanisme kerja sehingga ada koordinasi pekerjaan para anggota organisasi menjadi kesatuan yang terpadu dan harmonis. (3) Pelaksanaan atau pengarahan sebagai rencana peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri Seruway adalah pelaksanaan sebagai proses mengendalikan institusi pendidikan yang berjalan sesuai dengan jalur yang telah ditetapkan dan sampai kepada tujuan secara efektif dan efesien. Sebagai implikasi pelaksanaan manajemen dalam pengembangan kurikulum dengan pendekatan pembelajaran PAKEM di MTs Negeri Seruway merupakan suatu proses penyesuaian, pengintegrasian, persiapan dan pemilihan dengan terfokus pada tujuan, materi, metode, organisasi dan evaluasi menjadi dasar utama dalam upaya mengembangkan sistem pembelajaran.(4) Pengawasan dalam rencana peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri Seruwaya adalah pengawasan peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri Seruway dilakukan dengan memperhatikan faktor- faktor pendukung dan penghambat jalannya proses implementasi manajemen. Pengawasan sebagai upaya untuk mengamati secara sistematis dan ii berkesinambungan, merekam, memberi penjelasan, petunjuk, pembinaan dan meluruskan berbagai hal yang kurang tepat serta memperbaiki kesalahan. Pengawasan merupkan kunci keberhasilan dalam keseluruhan proses manejemen, perlu dilihat secara komperhensif, terpadu dan tidak terbatas pada hal-hal tertentu.(5) Evaluasi sebagai implementasi kelima dalam penelitian bertujuan, evaluasi peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri Seruway adalah mengkaji ulang kebijakan kepala Madrasah dalam mengemban amanah, menentukan program Madrasah, atau setidaknya menyatukan persepsi dikalangan pembuat keputusan (tenaga pendidik dan kependidikan) di lembaga yang dipimpinnya. Kemampuan kepala Madrasah dan guru sebagai selaku aktor utama kebijakan yang dipercaya untuk mengemban pelaksanaan evaluasi kebijakan manajemen peningkatan mutu dalam mendayagunakan seluruh potensi yang dimiliki, termasuk mempertahankan dan memanfaatkan beberapa faktor pendukung yang menentukan keberhasilan implementasi kebijakan tersebut

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 08 May 2017 04:14
Last Modified: 08 May 2017 04:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1577

Actions (login required)

View Item View Item