Peran Majelis Taklim Syahamah Dalam Membina Religiusitas Mahasiswa Di Desa Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Siregar, Malim Nasrullah (2021) Peran Majelis Taklim Syahamah Dalam Membina Religiusitas Mahasiswa Di Desa Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI MALIM NASRULLAH SIREGAR.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian 1) Untuk mengetahui Peran Majelis Taklim Syahamah dalam Membina Religiusitas Mahasiswa tahun ajaran 2020/2021 di Desa Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. 2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi sikap religiusitas Mahasiswa di Majelis Taklim Syahamah dalam Membina Religiusitas Mahasiswa tahun ajaran 2020/2021 di Desa Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data 1) Observasi, Seorang peneliti langsung ke lapangan untuk mengamati Bagaimana Peran Majelis Taklim Syahamah dalam Membina Religiusitas Mahasiswa 2) wawancara, peneliti mewawancari informan penelitian secara mendalam unuk mendapat informasi mengenai peran Majelis Taklim Syahamah dalam membina religiusitas mahasiswa 3) Dokumentasi, penulis mengumpulkan data-data serta gambar juga hal yang ada kaitannya mengenai kegiatan majelis taklim syahamah. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat beberapa peran Majelis Taklim 1) Peran Majelis Taklim Syahamah dalam Membina Religiusitas Mahasiswa ialah Sebagai wadah memperoleh ilmu agama, Wadah Silaturrahmi dalam memperkuat Dakwah Islam, Menambah nutrisi rohaniah. 2) Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Religiusitas Dalam Membina Sikap Religiusitas Mahasiswa. Terdapat faktor internal dan eksternal. Adapun faktor internalnya meliputi: Solidaritas Tinggi, Motivasi ataupun Nasehat dari Pembina Majelis Taklim, Materi Kajian Dominan IlmuTauhid. Adapun Faktor eksternal meliputi: Perayaan Maulid Nabi dengan khas Yang Unik, Bergerak dibidang Sosial, Rihlah Religi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Majelis Taklim, Membina Religiusitas
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:46
Last Modified: 06 Sep 2022 08:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15753

Actions (login required)

View Item View Item