Analisis Pengukuran Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia Menggunakan Shariah Conformity and Profitability (SCnP) Model

Rambe, Mardiana Rizki (2021) Analisis Pengukuran Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia Menggunakan Shariah Conformity and Profitability (SCnP) Model. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Mardiana Rizki Rambe.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam mengukur kinerja keuangan bank konvensional dan bank syariah tentunya terdapat perbedaan. Sharia Conformity and Profitability (SCnP) Model merupakan salah satu model penelitian kinerja keuangan di perbankan syariah. Kinerja keuangan yang dianalisis yaitu CAR, ROA, NPF, FDR, BOPO. Sedangkan SCnP Model terbagi dua aspek yaitu Sharia Conformity dengan indikator Islamic Income Rasio, Islamic Investment Rasio, Profit Sharing Rasio, dan aspek Profitability dengan indikator ROA, ROE, dan Profit Margin Rasio. Penelitian ini merupakan penelitian statistik deskriptif. Objek penelitian ini Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bank Indonesia, pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah 9 Bank Umum Syariah yang diperoleh dari dokumentasi laporan keuangan triwulan akhir tahun yang dipublikasikan melalui website resmi bank tersebut. Hasil dengan menggunakan SCnP menunjukkan pembagian menjadi tiga kuadran dari empat kuadran yang berbeda setiap tahun dan menunjuk Bank Central Asia Syariah, Bank Bukopin Syariah, Bank Tabungan Pensiun Syariah Nasional sebagai BUS dengan kinerja terbaik, hal ini disebabkan karena konsisten berada di Upper Right Quadrant (URQ). Secara umum, BUS di Indonesia rata-rata berubah setiap tahunnya. Selain mayoritas BUS berada di Upper Right Quadrant (URQ), ada juga yang berada di Lower Right Quadrant (LRQ) dan Upper Left Quadrant (ULQ).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, Bank Umum Syariah, SCnP Model.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:22
Last Modified: 06 Sep 2022 08:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15749

Actions (login required)

View Item View Item