Peran Komunikasi Ilahiya dalam Menguatkan Sikap Istiqomah Santri Wati Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Tahfidz Darul Uswah Lau Dendang Kecamatan Percut Sei Tuan

RM, Sulaiman (2021) Peran Komunikasi Ilahiya dalam Menguatkan Sikap Istiqomah Santri Wati Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Tahfidz Darul Uswah Lau Dendang Kecamatan Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI SULAIMAN PDF.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang peran komunikasi ilahiyah dalam menguatkan Sikap Istiqomah Santri Wati Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Tahfidz Darul Uswah Lau Dendang : faktor penghambat dan pendukung peran komunikasi ilahiyah dalam menguatkan sikap istiqomah santri wati menghafal Al-qur’an di pondok Tahfidz Darul Uswah Lau Dendang. Jenis penelitian skripsi i ni adalah jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan studi penilitian lapangan (field research). Sumber primer adalah hasil observasi di Pondok Tahfidz Darul Uswah dan hasil wawancara dengan informan mudiroh/ pengasuh dan perwakilan santri. Temuan penelitian ini sebagai berikut : peran komuniukasi ilahiyah dalam menguatkan istiqomah santri wati menghafal Al-qur’an di Pondok Tahfidz Darul Uswah Lau Dendang, terdapat hubungan yang sangat erat dalam menghafal Al-qur’an, baik dari segi kualitas hafalan maupun kwantitas hafalan. Untuk komunikasi ilahiyah dalam menguatkan sikap istiqomah santri wati menghafal Al-qur’an di Pondok Tahfid Darul; Uswah Lau Dendang diantaranya : shalat sunnah, puasa sunnah, tilawah, membaca al-ma’trurat, istigfar, zikir. Faktor penghambat dan pendukung peran komunikasi ilahiyah dalam menguatkan sikap istiqomah santriwati menghafal Al-qur’an di Pondok Tahfidz Darul Uswah Lau Dendang a. Faktor penghambat. Rasa bosan dan jenuh, maka pondok tahfidz ini membuat kegiatan rihlah, mukhayyam, MABIT, dan kegiatan Pengamdian Masyarakat (PEMA) santri wati yang menghafal Al-qur’an sekaligus beraktivitas sebagai pengajar les penyelesaian studi S1, pengambat ini bisa di hilangkan dengan dilakukan bimbingan atau diskusi dengan mudiroh/ ustazah. Faktor penghambat lainnya siklus yang merupakan sunnah tullah sebagai seorang perempuan, yakni ketika haid; b. Faktor pendukung niat yang kuat santri wati untuk menghafal Al-qur’an dan keikhlasan mengikuti setiap aturan yang telah ditetapkan oleh Pondok Pesantren Darul Uswah Lau Dendang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Sep 2022 09:11
Last Modified: 05 Sep 2022 09:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15736

Actions (login required)

View Item View Item