Masalah Kesulitan Belajar Siswa Dalam Perspektif Konseling Islami dan Solusi Penanganannya Di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri (MAPN) 4 Medan

Aulia, Dina (2021) Masalah Kesulitan Belajar Siswa Dalam Perspektif Konseling Islami dan Solusi Penanganannya Di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri (MAPN) 4 Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
TESIS DINA AULIA 0332173009-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis jenis kesulitan belajar apa saja yang dihadapi oleh siswa, solusi pelaksanaan pada penanganan kesulitan belajar siswa dalam perspektif konseling Islami, hambatan dari solusi penanganan kesulitan belajar siswa dalam perspektif konseling Islami, dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala solusi penanganan kesulitan belajar siswa dalam perspektif konseling Islami di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologi yaitu mengungkap permasalahan-permasalahan yang terjadi sehingga menemukan dan memahami apa yang tersembunyi dibalik permasalahan yang terjadi. Pelaksanaan penelitian kualitatif fenomenologi ini bertujuan untuk memahami dan memaknai berbagai masalah yang ada. Hasil penelitian ini adalah adanya jenis kesulitan belajar yang dialami oleh siswa di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan yaitu sulit memahami mata pelajaran tertentu seperti pelajaran matematika dan fisika, sehingga hasilnya belajarnya rendah. Siswa bekerja membantu orang tua yang menyebabkan aktivitas belajar siswa ada yang terganggu. Siswa mengalami keletihan karena terlalu banyak bekerja membantu orang tua dalam usaha tertentu. Siswa jenuh belajar karena terlalu banyaknya tugas yang diberikan dari sekolah, terutama tugas-tugas mata pelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah. Solusi permasalahan kesulitan belajar siswa dalam perspektif konseling Islami yaitu memberikan bantuaan bimbingan dengan teknik konvensional yaitu melakukan pertemuan langsung dengan siswa, kemudian melakukan tahapan identifikasi masalah, diagnosis masalah, prognosis masalah treatment dan follow- vi up hasil dan proses konseling. Teknik motivasi dengan doa dan harapan. Pada tahap ini umumnya pembimbing mendorong sisi fitrah siswa untuk memohon kepada Allah sebagai Dzat yang Maha Menguasai dan mengabulkan permintaan siswa untuk menjadi peribadi yang baik, pribadi yang selalu menjalankan perintah dan menjauhi segala larangan Allah. Hambatan dalam penanganan kesulitan belajar dengan perspektif konseling Islami yaitu personil guru pembimbing yang masih terbatas jumlah, kurang optimalnya pelaksanaan kerjasama guru bimbingan dan konseling dengan guru bidang studi di sekolah, dan kurangnya kesadaran dalam diri siswa untuk aktif dalam kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah. Upaya mengatasi hambatan penanganan kesulitan belajar siswa dalam perspektif konseling Islami yaitu memberikan pengetahuan dan pelatihan bagi guru pembimbing, melakukan kerjasama dengan guru bidang studi, dan memberikan pemahaman kepada siswa.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar dan Perspektif Konseling Islami
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Sep 2022 08:57
Last Modified: 05 Sep 2022 08:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15733

Actions (login required)

View Item View Item