Analisis pada kematian akibat penyakit jantung di Rumah Sakit Umum Pusat H. Adam Malik Medan Menggunakan Poisson Ridge Regression (PRR)

Putri, Yolandini Eka (2021) Analisis pada kematian akibat penyakit jantung di Rumah Sakit Umum Pusat H. Adam Malik Medan Menggunakan Poisson Ridge Regression (PRR). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Yolandini Eka Putri.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penyakit jantung adalah sebutan umum dari semua penyakit yang menyerang organ jantung atau merupakan keadaan ketika jantung mendapati suatu hambatan dan salah satu dari sekian banyak penyakit yang merupakan pemicu kematian. Kematian akibat penyakit jantung di Rumah Sakit Umum Pusat H. Adam Malik tercatat memiliki jumlah yang cukup tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penggunaan Poisson Ridge Regression (PRR) terhadap analisis kematian akibat penyakit jantung di Rumah Sakit Umum Pusat H. Adam Malik Medan. PRR merupakan metode yang umumnya dilakukan untuk memperkirakan regresi data cacah, dan sangat sensitive terhadap multikolinearitas. Dalam penelitian ini, PRR digunakan untuk menganalisis kematian akibat penyakit jantung dengan adanya kasus multikolinearitas. Hasil menunjukkan bahwa estimasi parameter model PRR sedikit berbeda dengan estimasi model regresi poisson dimana nilai estimasi variabel penderita penyakit gagal jantung (X1) = 0,030751, nilai estimasi penderita penyakit jantung bawaan (X2) = -0,002125, nilai estimasi penderita penyakit jantung iskemik (X3) = -0,003085 dan nilai estimasi penderita hipertensi (X4) = 0,009689. Kesimpulannya adalah dari keempat variabel, dua diantaranya memberikan pengaruh positif terhadap kematian akibat penyakit jantung yakni penderita penyakit gagal jantung dan penderita penyakit hipertensi. Artinya semakin banyak penderita penyakit gagal jantung dan hipertensi, maka semakin banyak pula jumlah kematian akibat penyakit jantung.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Poisson Ridge Regression, Kematian Jantung, Multikolinearitas
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Sep 2022 05:50
Last Modified: 05 Sep 2022 05:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15711

Actions (login required)

View Item View Item