Implementasi Metode Cutting Plane dalam Optimisasi Keuntungan Penjualan Kopi Pada Warung Bandar Kopi Yang Berada Di Kabupaten Deli Serdang

Rollingka, Hema Pebria (2022) Implementasi Metode Cutting Plane dalam Optimisasi Keuntungan Penjualan Kopi Pada Warung Bandar Kopi Yang Berada Di Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
full skripsi (latex fix)).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan metode cutting plane dalam optimisasi keuntungan penjualan kopi pada Warung Bandar Kopi yang berada di Kabupaten Deli Serdang. Tujuan utama dari suatu usaha adalah untuk memperoleh keuntungan yang maksimal dengan modal dan biaya pengeluaran seminimal mungkin. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan penjualan kopi dengan menggunakan metode cutting plane. Metode cutting plane merupakan salah satu metode penyelesaian optimum yang menggunakan penambahan batasan baru yang disebut gomory untuk menyelesaikan persamaan linear yang memiliki solusi tidak bulat atau pecahan agar bernilai bulat. Metode ini dipilih karena merupakan salah satu prosedur matematis yang dapat diterapkan untuk memaksimumkan keuntungan dan meminimumkan biaya produksi. Berdasarkan hasil yang diperoleh, jumlah penjualan produk yang optimal yaitu espresso sebesar 48 cup, americano 24 cup, cappucino 11 cup, latte art 20 cup, V60 100 cup, tubruk 25 cup, sanger 453 cup, dan vietnam drip 40 cup dengan keuntungan sebesar Rp. 3.309.963. Sedangkan sebelum menggunakan metode cutting plane keuntungan yang diperoleh yaitu sebesar Rp. 3.262.537,5 sehingga tingkat selisih keuntungan yaitu sebesar Rp. 47.425,5.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Optimisasi, Program Linear, Maksimasi, Metode Cutting Plane
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Sep 2022 05:45
Last Modified: 05 Sep 2022 05:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15710

Actions (login required)

View Item View Item