Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Pembelajaran Sistem Periodik Unsur dengan Konsep Jembatan Keledai Berbasis Android

Wulandari, Anggi (2021) Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Pembelajaran Sistem Periodik Unsur dengan Konsep Jembatan Keledai Berbasis Android. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi_Anggi_Wulandari.pdf

Download (2MB)

Abstract

Augmented Reality adalah teknologi yang menyatukan tampilan dunia nyata dengan dunia maya secara real time. Augmented Reality saat ini telah banyak digunakan dalam berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Augmented Reality dapat digunakan untuk mempermudah siswa mempelajari sistem periodik. Metode jembatan keledai merupakan konsep yang dapat digunakan untuk membantu siswa supaya lebih cepat dalam mengingat informasi kosa-kata. Pada penelitian ini, dikembangkan sebuah aplikasi media pembelajaran sistem periodik unsur dengan konsep jembatan keledai yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality yang dapat membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi sistem periodik unsur kimia. Aplikasi ini dibuat dengan software Blender 3D untuk membuat objek 3D struktur atom dan kegunaannya, Vuforia SDK dan Unity 3D untuk membangun aplikasi dan deteksi marker. Hasil dari pembuatan aplikasi media pembelajaran ini adalah Augmented Reality yang dapat menampilkan objek 3D dari struktur atom dan kegunaan unsur tersebut serta jembatan keledai dari golongan IA sampai VIIIA. Aplikasi ini menggunakan teknik Markerless Based Tracking. Dari pengujian yang telah dilakukan kepada pengguna disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun layak digunakan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Jembatan Keledai, Media Pembelajaran, Sistem Periodik
Subjects: 000 Generalities > 003 Systems
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Sep 2022 05:29
Last Modified: 05 Sep 2022 05:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15705

Actions (login required)

View Item View Item