Perancangan Aplikasi Jasa Transportasi Online Pada Kota Medan Menggunakan Firebase Dan Algoritma Dijkstra Berbasis Mobile

Hidayah, Abdul Alfattah (2021) Perancangan Aplikasi Jasa Transportasi Online Pada Kota Medan Menggunakan Firebase Dan Algoritma Dijkstra Berbasis Mobile. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SOFTCOPY SKRIPSI (Abdul Alfattah Hidayah, 0702162039, Sistem Informasi) SAINTEK.pdf

Download (7MB)

Abstract

Aplikasi transportasi online sudah menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengusaha yang ingin memulai mencari peruntungan pada bidang teknologi dan transportasi, mengingat peluang yang cukup besar dimana jumlah populasi manusia yang semakin banyak, dan beberapa kesibukan manusia yang harus dipenuhi. Beberapa perusahaan yang ingin mencari peruntungan dalam bidang transportasi dan teknologi yang pada sistemnya masih terdapat beberapa masalah dan membutuhkan pengembangan. Untuk memecahkan permasalahan yang ada, maka dibutuhkan sebuah sistem dan juga algoritma yang dapat memecahkan masalah dan memudahkan pengembangan seperti firebase dan juga algoritma Dijkstra. Firebase merupakan sebuah layanan cloud computing dari Google yang bertujuan untuk memudahkan dalam proses pengembangan aplikasi agar lebih efisien dan dapat memangkas biaya operasional serta waktu pengerjaannya. Dalam melakukan integrasi antara aplikasi android dan firebase sendiri, seorang pengembang dapat memanfaatkan SDK yang sudah disediakan didalam firebase. Algoritma dijkstra merupakan sebuah algoritma yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan pencarian rute terpendek ataupun lintasan terpendek dari satu vertex ke vertex yang lainnya pada suatu graf yang berbobot, jarak antara vertex adalah nilai bobot dari setiap edge pada graph. Suatu graf yang mempunyai bobot, harus mempunyai nilai yang positif (bobot >= 0). Algoritma Dijkstra sendiri menggunakan strategi greedy dalam pengerjaannya, dimana pada setiap langkah dipilih sisi dengan bobot terkecil yang menghubungkan sebuah simpul yang sudah terpilih dengan simpul lain yang belum terpilih. Tugas akhir ini bertujuan sebagai pengembangan sebuah aplikasi transportasi online dengan menggunakan firebase sebagai database-nya dan juga algoritma Dijkstra untuk menentukan rute terpendek pada sebuah proses orderan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Transportasi online, Firebase, Algoritma dijkstra
Subjects: 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Sep 2022 05:10
Last Modified: 05 Sep 2022 05:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15702

Actions (login required)

View Item View Item