Kajian Ekonomi Islam Pada Praktik Monkey Business Terhadap Jual Beli Tanaman Hias Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Sondi Raya, Kec. Raya, Kab. Simalungun

Purba, Reni Tania (2022) Kajian Ekonomi Islam Pada Praktik Monkey Business Terhadap Jual Beli Tanaman Hias Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Sondi Raya, Kec. Raya, Kab. Simalungun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI RENI TANIA PURBA_FIX_UPLOAD.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Sondi Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun. Penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui kajian ekonomi Islam terhadap transaksi jual beli tanaman hias di tengah pandemi Covid-19 di Kelurahan Sondi Raya, Kec. Raya, Kab. Simalungun. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif dengan memakai metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: Pertama, ditemukan tidak semua pedagang tanaman hias di Kelurahan Sondi Raya Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun melaksanakan praktik pelambungan harga. Pedagang tanaman hias yang tidak melambungan harga maka akad jual beli nya sudah sesuai dengan kajian ekonomi Islam. Praktik monkey business atau pelambungan harga termasuk dalam jenis jual beli najasy. Menurut Abu Hanifa dan Syafi’i berpendapat jika praktik ini terjadi maka penjual berdosa dan transaksi jual beli tersebut dibolehkan. Sedangkan, menurut Imam Malik jual beli najasy cacat dan si pembeli diberikan hak untuk memilih antara mengembalikannya atau mempertahankannya. Kedua, Menetapkan harga pada jual beli tanaman hias di Kelurahan Sondi Raya Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun terjadi tidak secara alami dan adil. Pedagang menetapkan harga berdasarkan kesenangan dan tidak ada standar harga. Selain itu, ditemukannya tindakan diskriminasi harga berdasarkan latar belakang sosial dan ekonomi pelanggan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Monkey Business, Harga
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Sep 2022 05:06
Last Modified: 05 Sep 2022 05:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15701

Actions (login required)

View Item View Item