Efektivitas Manajeman Pelayanan Haji Dan Umrah Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapanuli Tengah

Lumbantobing, Windi Pratiwi (2022) Efektivitas Manajeman Pelayanan Haji Dan Umrah Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapanuli Tengah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER SKRIPSI .pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI WINDI PRATIWI.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI WINDI PRATIWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III SKRIPSI WINDI PRATIWI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV SKRIPSI WINDI PRATIWI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V SKRIPSI WINDI PRATIWI .pdf

Download (264kB)
[img] Text
Daftar pustaka dan Lampiran skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektivitas manajeman pelayanan haji dan umrah di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapanuli Tengah di ambil dari sudut pandang manajeman sebagai acuannya. Untuk mengidentifikasi hal tersebut, peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan untuk analisis data peneliti melakukannya dengan reduksi data, penyajian data dan berakhir pada pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menyebutkan bahwa untuk meningkatkan efektivitas manajeman pelayanan haji dan umrah maka perlu dilakukan pembaharuan manajeman dan strategi yang mengacu pada kondisi pelayanan yang sudah ada sebelumnya dengan kebutuhan jema’ah di era yang mulai berkembang saat ini. Tentunya hal ini membutuhkan pengelolaan yang terencana, terstruktur dan sistematis agar tujuan pelayanan terhadap jema’ah haji tercapai sesuai dengan prinsip-prinsip pelayanan itu sendiri. Adapun bentuk-bentuk manajeman tersebut bisa di lihat dari dua aspek penting yaitu : 1). perbaikan efektivitas dari segi manajeman yang lebih terarah. 2). perbaikan dari segi aspek efisiensi. Keduanya menjadi indikator-indikator utama yang menjadi acuan dalam meningkatkan efektivitas pelayanan jema’ah haji dan umrah. Dimana, berhasil atau tidaknya upaya peningkatan kualitas pelayanan tergantung dari bagaimana pengelola pelayanan mampu memenuhi kebutuhan jema’ah haji dengan penyesuaiannya terhadap kemajuan teknologi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Manajeman Pelayanan, Haji dan Umrah
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.15 Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:49
Last Modified: 05 Sep 2022 04:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15699

Actions (login required)

View Item View Item