Pengaruh Pembiayaan Mikro Terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus Nasabah Pembiayaan Mikro pada Bank Syariah Indonesi Kantor Cabang Pekanbaru)

Erni, Dwi Regina (2022) Pengaruh Pembiayaan Mikro Terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus Nasabah Pembiayaan Mikro pada Bank Syariah Indonesi Kantor Cabang Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Dokumen dari Dwi Regina.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan potensi UMKM yang berada diIndonesia tidak terlepas dari dukungan perbankan dalam penyaluran pembiayaan yang dituju kepada pelaku UMKM. Peran perbankan syariah dalam mengembangkan usaha masyarakat terutama pada pelaku UMKM adalah dengan berpartisipasi dalam memberikan pembiayaan kepada masyarakat untuk mengembangkan usahanya. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu Apakah pembiayaan mikro berpengaruh signifikan terhadap perkembangan UMKM pada nasabah Bank BSI Cabang Pekanbaru. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah pembiayaan mikro berpengaruh signifikan terhadap perkembangan UMKM pada nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Pekanbaru. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diambil berdasarkan jumlah nasabah Pembiayaan Mikro diBank Suariah Indonesia Cabang Pekanbaru. Sampel yang digunakan adalah nasabah Pembiayaan pada Bank Syariah Indonesia Cabang Pekanbaru tahun 2022 sebanyak 40 responden. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pembiayaan mikro berpengaruh signifikan terhadap perkembangan UMKM Nasabah Bank Syariah Kantor Cabang Pekanbaru. Perkembangan usaha nasabah terjadi pada peningkatan modal usaha, peningkatan pendapatan dan perluasan dan tenaga kerja.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Mikro, Perkembangan UMKM
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:36
Last Modified: 05 Sep 2022 04:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15696

Actions (login required)

View Item View Item